Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

3 Kunci Sukses Panasonic di Pasar Indonesia

panasonic gobel indonesia pabrikBelum lama ini, PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic) mengumumkan hasil kinerja mereka untuk kuartal pertama tahun 2014.

Dalam laporan tersebut, Panasonic menorehkan beberapa keberhasilannya di pasar Indonesia. Di mana penjualan Panasonic di pasar Indonesia meningkat 6% dibanding tahun lalu dengan kontributor penjualan terbesar AC yang meningkat 18% dibandingkan tahun lalu.

Pencapaian ini adalah hasil dari strategi bisnis Panasonic yang fokus kepada produk value zone untuk pasar menengah atas, dan lokalisasi produk yang disesuaikan dengan selera pasar Indonesia.  

Hiroyoshi Suga, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, sebagai salah satu pasar terpenting, Panasonic berupaya mempertahankan posisi strategisnya di Indonesia dengan melakukan berbagai inovasi dan upaya bisnis terbaik yang sesuai dengan kondisi dan selera pasar lokal.

“Pencapaian yang baik ini menjadikan Indonesia masuk dalam daftar negara 3 besar dengan penjualan terbaik se-Asia Pasifik bersama dengan Malaysia,” kata Suga.

Berikut tiga strategi utama Panasonic:

Market Oriented Product

Market Oriented Product merupakan satu dari strategi utama Panasonic, yakni mengembangkan rangkaian produk yang berorientasi pada pasar lokal di Indonesia. Melalui strategi ini, Panasonic berupaya menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang mendambakan produk berkualitas, multifungsi, tahan lama, dengan desain menarik dan harga terjangkau.

Memperluas lini produk B2B (business-to-business)

Selain produk komersial, Panasonic juga fokus pada produk B2B. Panasonic menargetkan gedung perkantoran, pemerintahan, sekolah, perbankan, perhotelan dan perumahan.

Produk B2B Panasonic mencakup scanner, pbx, security system solutions, dan masih banyak lagi. Produk B2B system solutions berhasil memberikan pertumbuhan 20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya

Value-Added Products

Kategori produk ini merupakan rangkaian produk yang menawarkan added value kepada konsumen dan ditargetkan kepada pasar kelas atas. Tahun ini, Panasonic terus mengembangkan produk-produk dalam kategori ini.

Pada kuartal pertama yang berakhir pada bulan Juni lalu, Panasonic Indonesia juga mencatatkan beberapa pencapaian, di antaranya tingginya penjualan AC yang memberikan kontribusi 39% dibandingkan produk lainnya.

“Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun hadir di pasar Indonesia, kami percaya dapat memberikan solusi berkualitas untuk kebutuhan rumah tangga dan bisnis masyarakat Indonesia, serta menjadi kontributor utama pertumbuhan bisnis Grup Panasonic secara global,” tutup Suga.

Editor: Wahid FZ

Gambar: Panoramio.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top