Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

3 Tips Berkomunikasi dengan Pelanggan Via Media Sosial

Selain digunakan untuk kegiatan pemasaran, banyak juga UKM yang menggunakan media sosial untuk memperluas proses layanan pelanggan. Banyak pemilik UKM yang telah mampu menciptakan akun media sosial yang tidak hanya digunakan untuk mempromosikan bisnis, tapi juga bertindak sebagai portal layanan pelanggan utama.

Memang tidak sedikit pula pemilik UKM yang menghindari menggunakan media sosial. Namun sekarang mereka dipaksa hadir oleh pelanggan mereka sendiri saat pelanggannya meninggalkan ulasan, kritik, dan pujian tentang perusahaan di Facebook, Twitter, Google+ dan lainnya.

selebriti media sosial layanan pelangganBukan hanya merek besar yang mendapat cuitan di situs media sosial untuk masalah produk dan layanan, tapi semua bisnis. Kabar baiknya adalah Anda dapat memperluas praktik layanan pelanggan dengan menciptakan kehadiran di situs media sosial, sekaligus mengembangkan rencana yang berfokus untuk memberikan layanan pelanggan yang prima.

Berikut 3 tips yang dapat digunakan dalam rencana media sosial Anda yang berfokus pada layanan pelanggan, yang nantinya akan membantu Anda memperbaiki dan memperkuat hubungan pelanggan sekaligus melindungi reputasi perusahaan Anda.

Gunakan alat pencarian

Agar dapat menggunakan media sosial untuk memberikan layanan pelanggan, Anda perlu mengetahui apa yang pelanggan katakan tentang bisnis Anda. Ada banyak alat di luar sana yang bisa Anda gunakan untuk melacak sebutan nama perusahaan atau produk. Coba pasang kata kunci di Google Alerts dan kemudian tinjau hasilnya secara konsisten.

Jawab segera

Kebanyakan situs media sosial bersifat publik. Jadi begitu ada keluhan pelanggan, sangat pentingbagi Anda untuk bertindak cepat. Tak peduli bagaimana perasaan Anda tentang keluhan tersebut, Anda perlu member tanggapan secara terbuka dan segera!

Ini akan membantu Anda mengatasi masalah ini dari mata publik, sehingga Anda dapat bekerja sama dengan pelanggan tersebut untuk mengatasi masalah ini. Jangan lupa menindaklanjutinya untuk memastikan pelanggan senang saat masalah mereka teratasi. Jika beruntung, pelanggan akan memposting lagi tentang layanan pelanggan hebat yang diterima.

Dengarkan

Dalam hal layanan pelanggan, Anda bisa bersikap proaktif dalam hal layanan pelanggan. Tambahkan kata kunci tentang produk dan layanan Anda di situs pencarian dan dengarkan apa yang orang katakan. Ini bisa menjadi cara yang hebat untuk menemukan calon pelanggan yang membutuhkan apa yang Anda tawarkan. Begitu Anda melakukannya, jangkau dan tawarkan solusi pada masalahnya. Plus, mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan tentang industri dan bahkan persaingan di bidang bisnis yang Anda jalani bisa menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan informasi dari target pasar yang dapat digunakan untuk memperbaiki produk dan layanan Anda.

Saat Anda memulai, ingatlah bahwa konsistensi dan profesionalisme adalah 2 faktor terpenting yang ikut bermain saat Anda menggunakan media sosial untuk layanan pelanggan. Jika Anda mengingatnya, mungkin Anda akan terkejut betapa mudahnya berbicara dengan pelanggan lewat cara baru ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top