Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

4 Ide Konten Cerdas dari Berbagai Merek Dunia

Menggandeng banyak followers (Twitter) atau fans (Facebook) memang sangat diperlukan untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Tapi tentu saja itu harus ditunjang dengan ide konten cerdas. Jadi yang terpenting bukan banyaknya jumlah followers atau fans (karena percuma jika itu hanya akun dummy), tapi efektif atau tidaknya konten yang Anda sebarkan.

Tak peduli seberapa banyak jumlah followers atau fans Anda. Apakah 200 ribu, 500 ribu, 71 juta, atau bahkan hanya 5 ribu. Berikut adalah 4 ide konten cerdas yang bisa Anda terapkan, dikutip dari berbagai merek dunia.

  1. Menginspirasi

Ada banyak kutipan internasional yang bisa menginspirasi diri sendiri maupun orang lain. Tapi bukan hanya akun personal yang bisa melakukannya, namun merek juga, salah satunya adalah Coca – Cola.

1

Raksasa minuman bersoda ini bisa mengubah pola pikir masyarakat tentang soda dan membuatnya menjadi minuman yang digemari di dunia. Bagaimana tidak, minuman yang memberikan efek buruk pada lambung dan menyebabkan gemuk ini mampu mengubah pola pikir 71 juta lebih fansnya dengan konten – konten bertema persahabatan, perdamaian, dan indahnya berbagi.

  1. Mengajak untuk sesuatu yang unik

Foto, video, atau artikel unik memang dapat menarik perhatian setiap orang. Namun tak hanya itu, merek Red Bull bahkan mengkombinasikannya dengan ikut melibatkan khalayak.

2

Ya, dalam akun Facebooknya, merek berlogo dua ekor banteng itu mengajak 39 juta lebih anggota fansnya untuk terlibat memberikan caption foto – foto menarik yang ia posting. Tak ada batasan, semua caption dibebaskan menurut imajinasi setiap orang.

  1. Before – after

Menampilkan foto produk secara gamblang mungkin akan membuat khalayak bosan, maka dari itu, Anda perlu meniru merek yang paling ahli dalam menampilkan gambar produknya, yakni Starbucks.

3

Salah satunya adalah dengan menampilkan foto before – after yang menarik dengan tambahan keterangan, bahwa Starbucks mampu menyajikan yang lebih baik.

  1. Sebarkan berita

Merek besar seperti PlayStation menggunakan cara ini untuk meramaikan media sosialnya. Mereka kerap mengumukan konferensi pers yang akan diselengarakan, berbagai acara perusahaan, dan sebagainya.

4

Perusahaan Anda mungkin tidak sebesar PlayStation yang sering mengundang media untuk konferensi pers, namun Anda bisa menyebarkan beberapa berita tentang perusahaan Anda, tentang acara internal atau eksternal perusahaan, dan sebagainya.

Memberi segala yang diminati oleh khalayak akan membuat hubungan perusahaan dan calon konsumen semakin dekat. Inilah yang kemudian membuat konsumen memikirkan produk Anda jika mereka ingin membeli barang/jasa yang sejenis dengan merek Anda.

 

Sumber: Ragan | Foto: Ragan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top