Portal Lengkap Dunia Marketing

                                                                                                               
Dunia Digital

5 Hal Fundamental yang Harus Dimiliki oleh Aplikasi Mobile

Berapa banyak aplikasi yang tedapat didalam gawai anda? 5 atau bahkan lebih dari 10 aplikasi? Jawabannya tentu akan berbeda-beda. Tergantung dari kebutuhan anda sebagai pengguna. Tapi jika ditanya berapa banyak aplikasi yang telah anda delete atau hapus?

aplikasi mobile

Ya, pertanyaan kedua ini mungkin tidak terlalu berarti bagi anda sebagai user -5 atau lebih-, anda tidak peduli karena tidak melihatnya dari kuantitas tapi kualitas aplikasi. Aplikasi yang tidak berkualitas atau dalam hal ini tidak bisa related dengan anda pasti akan dihilangkan dari layar gawai anda.

Tapi ini penting bagi developer karena ini menandakan kegagalan mereka untuk bisa menciptakan aplikasi yang related dengan konsumen. 2016 adalah tahun kejayaan bagi developer karena pertumbuhan tingkat penggunaan aplikasi di Indonesia sangat tinggi.

Lalu bagaimana di 2017 ini? Ternyata pertumbuhannya menunjukkan perlambatan dan ini menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh para developer. Kesuksesan sebuah aplikasi adalah dengan menjadi digital solusi dan itu tergantung dari tingkat kelekatan dengan pengguna. Sekitar 90% pengguna akan menghapus aplikasi jika tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka atau tidak bisa engage dengan mereka.

Lalu bagaimana membangun kelekatan secara digital?terutama untuk sebuah aplikasi mobile? Ada 5 hal penting atau fundamental yang harus diperhatikan jika ingin membangun sebuah aplikasi yang bisa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pengguna.

  1. Memahami audience.

Langkah awal yang dilakukan untuk membangun kelekatan digital adalah dengan memastikan bisnis anda mengerti dan memahami tahu konsumennya. Anda harus mencari tahu kebiasaan pngguna dalam mengkonsumsi sesuatu hal atau barang. Dengan begitu anda bisa mengidentifikasi pola dari pengguna dan bisa dimanfaatkan untuk memperkuat aplikasi anda. Mengetahui secara pasti pengguna menggunakan aplikasinya untuk apa dan kenapa menggunakannya adalah kunci untuk membuka jalan sebuah aplikasi menuju kesuksesan.

  1. Kualitas dan Kuantitas

Pengguna aplikasi menginginkan gawai mereka menjadi alat yang bisa menghibur. Aplikasi yang tidak secara berkala update konten-konten baru akan dianggap sebagai aplikasi yang membosankan dan persentasi untuk di delete sangat tinggi. Sebuah aplikasi harus bisa memberikan konten-konten baru bagi pengguna, seperit Menyediakan update artikel terbaru secara berkala dan menghadirkan serta menambah fitur-fitur interaktif bisa sangat menyenangkan hati pengguna. Kesenangan penggguna bisa mengalihkan niat mereka untuk menghapus aplikasi tersebut.

  1. Personalisasi Konten

Personalisasi adalah cara yang sangat powerful untuk meningkatkan kelekatan, menyampaikan nilai dan membuat pengguna terus kembali. Pengguna akan merasa frustasi jika mereka berjam-jam menggunakan sebuah aplikasi tapi tidak dapat memuaskan perasaannya karena kontennya tidak related dengan mereka. Personalisasi menjadi poin yang sangat vital untuk meraih dan mempertahankan user.

  1. Terintegrasi dengan Media Sosial

Mayoritas bisnis sekarang ini terintegrasi dengan media sosial dengan menggabungkannya  melalui aplikasi mobile. Pengguna mobile ingin membagi informasi secepat mereka mendapatkan informasi tersebut. Melalui media sosial sebuah brand bisa mendapatkan brand awareness secara cuma-cuma alias gratis. contohnya seperti ketika user membuat tanda hashtag yang menyertakan sebuah brands untuk menciptakan trend atau viral di halaman media sosial mereka.

  1. Push Notifications

Push notification memberikan pengaruh yang besar  untuk memperkuat engagement dengan user. Push notifications bisa berupa hadirnya informasi tambahan yang up to date dan memberitahu berita-berita terbaru atau breaking news dan penambahan konten/fitur baru. Sebuah studi mengungkapkan sebuah aplikasi yang rajin memberikan sekali atau lebih push notifikasi untuk user mereka selama 90 hari akan meningkatkan tingkat retensi  rata-rata sebanyak 66%. Push notifikasi adalah fitur terbaik sebuah aplikasi untuk mengingkatkan pengguna bahwa aplikasinya  masih ada dan mempunyai banyak konten.

Wicaksono

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top