Lifestyle

5 Resolusi Karier yang Harus Anda Buat di Tahun 2017

Tahun 2017 telah dimulai, mari kita wujudkan resolusi karier yang telah dibuat. Tentunya, evaluasi resolusi tahun lalu jangan lupa dievaluasi.

Pada kenyataannya, resolusi tersebut sebaiknya tidak seperti itu. Resolusi yang terlalu ambisius merupakan resolusi yang terlalu kompleks atau menuntut. 

5 Resolusi Karier yang Harus Anda Buat di Tahun 2017 marketing.co.idPenelitian yang dilakukan University of Scranton baru-baru ini menemukan bahwa hanya 8% orang yang dapat memenuhi daftar resolusi tahun baru mereka.

Nah, jika Anda berencana mengambil langkah selanjutnya dalam karier, berikut 5 resolusi karier yang harus Anda buat di tahun 2017.
 
Kaji ulang karier yang lalu 

Hal ini penting. Sebab,  kita sering kali terlalu terbawa dalam kehidupan yang super sibuk sehingga jarang mendapatkan kesempatan untuk meninjau kembali posisi saat ini dan perkembangan karier.

Cobalah untuk berlibur dan pergi ke suatu tempat dimana Anda bisa bersantai, menyusun pemikiran-pemikiran Anda, dan dengan jujur mengevaluasi karier Anda.

Apakah Anda menuju ke arah yang tepat, atau mengambil jalan yang salah selama ini? Jika mengambil jalan yang salah, apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya?

Catatlah pemikiran Anda tersebut di atas kertas (atau di dalam komputer). Buatlah catatan tentang hal tersebut, bersamaan dengan sebuah rencana untuk langkah-langkah selanjutnya sehingga Anda bisa meninjaunya kembali di tahun-tahun berikutnya. 
 
Perbaharui resume dam portofolio 

Hal ini merupakan pekerjaan yang menghabiskan waktu, akan tetapi menjaga agar resume dan portofolio selalu diperbaharui sangatlah penting walaupun Anda tidak berminat mencari pekerjaan baru.

Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan “mencari” Anda dan kapan. Oleh karenanya, lebih baik Anda tetap terbuka untuk setiap kesempatan.

Pastikan Anda mempunyai resume dan portofolio terbaru dalam jaringan karier yang relevan di dunia maya. Sebab, keberadaan dalam dunia maya dapat membawa Anda lebih jauh dari yang dibayangkan. 
 
 Perluaslah jaringan profesional

Sayangnya, seseorang yang Anda kenal jauh lebih diingat daripada pengetahuan atau hal lainnya. Hal ini merupakan fakta terkenal bahwa sebagian besar perusahaan lebih memilih mempekerjakan seseorang berdasarkan rekomendasi internal.

Mempunyai jaringan kenalan profesional yang luas selalu menjadi hal yang berguna. Anda tidak akan pernah tahu kapan akan ada lowongan di Google atau Facebook.

Akan tetapi jika punya kenalan di sana, Anda akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk masuk ke tahap wawancara dibandingkan dengan mereka yang tidak kenal siapapun di perusahaan tersebut. 
 
Tambahkan keterampilan atau kualifikasi baru 

Buatlah sebuah target untuk mempelajari satu keterampilan baru atau menyelesaikan sebuah kursus baru di tahun 2017.

Tidak hanya menunjukkan pada para pemimpin perusahaan bahwa Anda adalah seorang pemrakarsa yang selalu mengikuti trend dan teknologi terbaru, tapi juga membuat Anda terlihat baik di mata atasan Anda saat ini.

Ini merupakan situasi yang saling menguntungkan, dimana Anda bermaksud untuk mendapatkan sebuah promosi atau mencari karier yang lebih baik.
 
Atasi rasa takut

Tantanglah diri Anda sendiri untuk melangkah keluar dari zona nyaman di tahun 2017. Baik rasa takut akan berbicara di depan umum, memimpin sebuah rapat, melakukan presentasi atau yang lainnya.

Pilih satu rasa takut yang telah menghalangi Anda dalam pekerjaan dan rangkulah rasa takut tersebut. Hal tersebut mungkin terasa sebagai hal yang paling menakutkan yang harus dilakukan, akan tetapi rasa takut hanyalah ada di pikiran Anda.

Anda hanya harus melakukannya satu kali saja untuk membuktikan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa melakukannya, dan yang kedua kali pasti akan lebih mudah.
Buatlah langkah awal Anda dalam perkembangan karier Anda di tahun 2017. Kita menuai apa yang kita tanam. Anda harus berusaha untuk mendapatkan hasil. (Jobstreet)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top