PR Hype

5 Strategi PR Brand Ternama di Instagram

Instagram PRAda sekitar 400 juta pengguna Instagram dan mereka sudah mem-posting hampir lebih dari 80 miliar foto di platform mobile tersebut dan terus meningkat. Terlepas dari popularitas Instagram, brand dan bisnis masih terus berjuang untuk tampil stand out dan memorable di benak para konsumennya di tengah hiruk pikuk dunia Instagram.

Kabar baiknya, makin banyak brand yang bergabung dengan Instagram, makin banyak data yang tersedia untuk memformulasikan strategi PR terbaik agar akun mendapatkan lebih banyak follower dan meningkatkan engagement.

Simply Measured, platform analitik media sosial terdepan, merilis hasil studi Instagram yang mengungkapkan taktik brand di Instagram untuk menaikkan nama mereka di platform mobile visual ternama itu. Tak main-main, studi tersebut berdasarkan aktivitas brand papan atas, Interbrand top 100 brands, di Instagram – termasuk di dalamnya Coca-Cola dan Nike.

Analis Simply Measured, Michael Thomason, seperti dikutip marketing.co.id dari Marketwired mengatakan, ”Data kami menunjukkan bahwa banyak brand yang berinvestasi besar di media sosial, terutama platform visual.” “Brand yang aktif, mengembangkan strategi terstandar untuk menggapai pelanggan mereka di Instagram dengan begitu mereka akan mendaparkan rekor engagement dan ekspos dari audience yang lebih luas,” imbuhnya.

Berikut lima strategi yang perlu dipertimbangkan para brand manager dan PR di Instagram

Aktif. Sebanyak 86% brand dari Intebrand top 100 brands aktif di Instagram. Sebanyak 73% nya mem-posting satu foto atau video setiap minggu. Namun, brand pemenang sebenarnya di Instagram mem-posting setidaknya satu kali sehari. Apabila brand menggunakan blog, manfaatkan Instagram untuk mempromosikan blog tersebut dengan mem-posting gambar yang mewakili tema blog.

Buatlah singkat. Berikan keterangan postingan berupa teks maksimal 140 karakter seperti halnya di Twitter. Keterangan yang singkat dan padat lebih menarik dan tak membosankan.

Gunakan tagar, tapi jangan berlebihan. Simply Measured menemukan bahwa konten Instagram dengan satu atau lebih tagar mendapatkan 12,6% engagement lebih banyak. Gunakan tagar yang relevan, tapi jangan berlebihan.

Berbagi. Salah satu statistik yang menarik dan berguna dari studi Simply Measured adalah konten yang me-mention pengguna lain meningkatkan engagement rata-rata sebanyak 56%.

Lokasi. Jangan sepelekan lokasi. Simply Measured menemukan bahwa brand yang men-tag lokasi saat mem-posting konten mendapatkan 79% engagement daripada yang tidak.

Sudahkah brand Anda mempertimbangkan kelima hal di atas?

(Berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top