Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

5 Tips Sukses untuk Berhasil dalam Pekerjaan Magang

Bekerja magang tidak ternilai harganya. Sebagai mahasiswa, Anda harus melengkapi setidaknya satu (jika tidak banyak) pekerjaan magang selama jeda kuliah. Salah satu manfaat utama dari pekerjaan magang adalah bahwa pekerjaan ini memberikan Anda pengalaman kerja. Lebih dan lebih banyak lagi perekrut ingin karyawan baru dengan pengalaman kerja dalam industri atau pekerjaan terkait yang ingin Anda dapatkan.

pekerjaan MagangHal ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman yang lebih sempurna dan Anda juga melihat sendiri bagaimana perusahaan berjalan dari hari ke hari. Lebih penting lagi adalah bahwa pengalaman tersebut memberikan Anda pemahaman yang tak ternilai tentang bisnis dan industri dimana Anda ingin bekerja setelah lulus nanti.

Bekerja magang juga membantu menumbuhkan kepercayaan diri , membangun jaringan profesional atau bahkan menjadikan Anda langsung akan direkrut tepat setelah Anda lulus dari perguruan tinggi! Berikut adalah lima tips yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan magang yang Anda impikan.

  1. Pahami Diri Anda Sendiri

Mengasumsikan bahwa ini adalah pencarian pekerjaan magang pertama Anda, hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah untuk benar-benar memahami beberapa hal terlebih dahulu. Tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:  

  1. Apa yang benar-benar saya inginkan dari pekerjaan magang ini dan organisasi di mana saya akan bekerja?
  2. Apa jenis pekerjaan  atau industri yang sebaiknya saya masuki? 
  3. Apa yang saya inginkan/ butuhkan untuk belajar dari pekerjaan magang ini? (Anda harus benar-benar berpikir menyeluruh tentang alasan mengapa Anda menginginkan suatu pekerjaan magang dan apa yang Anda secara pribadi ingin dapatkan dari pekerjaan tersebut). 
  4. Kapan tepatnya saya perlu memulai dan mengakhiri pekerjaan magang ini? Berapa lama sebaiknya pekerjaan magang saya berlangsung? (Biasanya 3 bulan tetapi semakin lama semakin baik untuk membuktikan nilai Anda). 
  5. Berapa lamakah saya rela pulang pergi setiap hari dari dan ke tempat kerja? Apa sajakah kebutuhan finansial saya? 
  6. Apakah saya bersedia untuk keluar negeri untuk mengejar pekerjaan magang tersebut? 

Jika Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda akan mampu mempersempit pilihan perusahaan yang Anda ingin masuki. Jawaban-jawaban ini akan hanya berguna selama wawancara pekerjaan Anda. 

  1. Lihat ke Segala Arah 

Anda sejujurnya tidak dapat memprediksi dimana dan kapan Anda mungkin mendapatkan pundi emas Anda. Gunakanlah setiap sumber yang mungkin untuk menemukan pekerjaan magang yang tepat yang Anda cari. Bekerjalah dengan konsultan karir perguruan tinggi Anda, biarkan profesor Anda tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan magang, bertanya pada teman kuliah Anda tempat di mana mereka melakukan pekerjaan magangnya, gunakan jaringan alumni sekolah Anda, masukilah sumber daya yang mungkin dimiliki orang tua dan teman Anda. 

Jangan membatasi diri Anda sendiri hanya pada satu spesifikasi pekerjaan atau satu industri atau jenis organisasi. Tetaplah berpikiran terbuka, terutama terhadap perusahaan, lokasi, dan industry. Anda mungkin berakhir dengan menemukan hasrat Anda di sebuah tempat yang tak pernah Anda bayangkan! 
(Tip: Saat mencari pekerjaan magang, ingatlah bahwa tidak ada kata terlalu dini untuk berpikir tentang karor Anda, dan segala pengalaman yang membantu). 

3.  Buatlah resume Anda bersinar!

Salah satu dari hal-hal utama yang Anda ingin lakukan bahkan sebelum dengan aktif mencari suatu pekerjaan magang adalah untuk membangun sebuah resume dancover letteryang kuat. Anda ingin memastikan bahwa resume Anda benar-benar murni. Hal ini berarti bahwa tidak ada kesalahan tata bahasa!

Sebagai tambahan untuk memastikan bahwa resume dan lamaran Anda bebas-salah, Anda harus memastikan bahwa Anda menyertakan informasi yang para perekrut seringkali ingin tahu seperti tentang pengalaman relevan yang Anda miliki dalam industri tersebut sebagaimana halnya dengan pengetahuan istimewa yang Anda mungkin telah dapatkan dalam bidang tersebut sejauh ini, lebih baik di bagian atas dokumen atau di tempat lain yang sesuai. 
Buatlah resume Anda singkat dan padat! (disarankan 2 halaman).

Jika Anda kesulitan untuk memadatkannya, potonglah hal-hal yang paling tidak penting. Juga, potonglah apapun yang berasal dari sekolah menengah atau hal-hal yang tidak relevan dengan gelar/ karir Anda.  Selalu menulislah sebuah cover letter sebagai tambahan dalam mengumpulkan resume Anda. Poleslah cover letter Anda dengan detil –detil yang akan membuat Anda sebagai pilihan yang baik dan alasan Anda memilih perusahaan ini untuk suatu pekerjaan magang.

4. Kirimkan Lamaran Lebih Awal 

Kebanyakan perusahaan mempunyai batas waktu untuk lamaran pekerjaan magang yang seringkali berbulan-bulan sebelum dimulainya pekerjaan magang itu sendiri. Terlewat batas waktu aplikasi magang yang Anda benar-benar inginkan bisa mengacaukan situasi dan akan menyisihkan Anda bahkan sebelum Anda berkesempatan untuk melamar pekerjaan itu. 

Jika pekerjaan magang yang Anda lamar adalah persyaratan dari fakultas Anda, mungkin akan ada banyak laporan yang harus dikumpulkan. Anda ingin memberikan diri Anda, fakultas, dan organisasi yang Anda lamar waktu yang cukup untuk memproses setiap dokumen. 

Bahkan jika Anda tidak melewatkan batas waktu apapun, Anda tetap tidak mau keseluruhan proses menjadi tergesa-gesa. Hal ini tidak hanya membuat Anda berantakan, hal ini juga meningkatkan   kemungkinan akan kehilangan dokumen dan berkas yang dibutuhkan atau mengirimkan dokumen yang salah tanpa mempunyai waktu yang cukup untuk memperbaiki kesalahan tersebut. 

5. Mengesankan dalam Wawancara

Anda di sini karena resume dan aplikasi Anda telah mengesankan calon perekrut dan inilah waktunya untuk bersinar lebih terang daripada sebuah berlian. Anda tidak akan pernah dapat kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Anda akan ingin melakukan apapun yang Anda bisa untuk mengesankan orang-orang yang mewawanacarai Anda. Hal ini bisa dilakukan melalui bahasa yang Anda gunakan, pakaian yang Anda kenakan, dan bagaimana Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan. 

Telitilah perusahaan tersebut sebelum wawancara. Temukan nilai-nilai dan kelemahan mereka. Gunakanlah referensi untuk nilai-nilai tersebut dalam wawancara Anda. Terdapat banyak pertanyaan standar yang cenderung untuk ditanyakan dan bagaimana Anda menjawabnya itulah hal yang penting.

Mintalah seorang teman atau keluarga atau bahkan bagian pelayanan karir perguruan tinggi Anda untuk membantu Anda bersiap-siap untuk wawancara tersebut. Memiliki beberapa Ask a friend or family or even your college’s career services department to help you prepare for the interview. Memiliki beberapa wawancara yang buruk dengan seseorang yang Anda merasa nyaman dapat membantu Anda menyiapkan yang sebenarnya ketika saatnya tiba.  

Ketika mencari pekerjaan magang, ingatlah bahwa tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mulai memikirkan karir Anda, dan bahwa pengalaman apapun membantu. (JobStreet.com Indonesia)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top