Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

8 Cara Meraih Word of Mouth untuk Bisnis Anda

Meskipun beberapa marketer punya pandangan yang skeptis dan meremehkan, word of mouth (WOM) atau yang biasa disebut promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan.

Coba lihat bagaimana merek-merek UKM seperti Babarafi dan Maicih membangun merek hingga populer di kalangan masyarakat. Salah satu metode pemasaran yang mereka gunakan adalah word of mouth!

Di era internet seperti sekarang ini, word of mouth bahkan menjadi lebih penting lagi. Studi yang dilakukan BrightLocal menyebutkan, hampir 9 dari 10 konsumen membaca ulasan online tentang bisnis, dan 72% konsumen mengatakan mereka menggunakan ulasan positif di internet untuk menentukan apakah sebuah bisnis dapat dipercaya atau tidak.

So, apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan word of mouth yang positif? Berikut 10 cara meraih word of mouth untuk bisnis Anda dikutip Thebalancecom.

word of mouthBerikan layanan pelanggan yang baik

Layanan pelanggan yang baik adalah salah satu cara terbaik bagi Anda untuk dapat bersaing dengan bisnis yang lebih besar, terutama yang berfokus pada harga murah. Seberapa penting layanan pelanggan bagi word of mouth? Menurut survei ClickFox, lebih dari separuh pelanggan yang tidak puas akan memberitahu teman dan keluarga tentang pengalaman layanan pelanggan yang buruk, dan 32% dari mereka akan berpindah ke tempat lain.

Oleh karena itu, tunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka sangat penting dengan cara memperlakukan mereka dengan sopan, hormat dan empati. Dengarkan keluhan pelanggan, belajar dari mereka dan latih karyawan untuk fokus pada pelanggan. Ikuti praktek ini secara konsisten, dengan begitu word of mouth yang positif akan menyusul.

Buat mudah pelanggan menghubungi Anda

Praktik komunikasi yang buruk bukan hanya akan menjauhkan pelanggan yang mencoba menghubungi Anda, tapi mereka juga akan menceritakan kekesalannya atas pengalaman susahnya menghubungi Anda. Jika Anda ingin mendapatkan word of mouth yang positif buat mudah pelanggan menghubungi Anda. Misalnya dengan menjawab email atau telepon yang masuk dengan segera.

Pertahankan citra positif

Bagi UKM ini artinya Anda perlu memperlakukan semua orang dengan sopan, bukan hanya pelanggan.

Minta testimoni dan terbitkan segera

Mintalah tertimoni dari pelanggan yang puas (pernyataan tertulis singkat yang memuji layanan atau produk atau bahkan keduanya). Testimoni dari pelanggan yang puas merupakan dukungan yang kuat dan dapat memicu word of mouth yang positif. Biasakan untuk meminta kepada pelanggan. Setelah mendapatkan testimoni dari pelanggan yang puas, segera terbitkan di website, media sosial, iklan, toko, atau di manapun yang terlihat publik.

Libatkan pelanggan di media sosial

Ingat, word of mouth adalah semua tentang orang-orang yang mengatakan hal baik mengenai bisnis Anda. Dan, sekarang media sosial adalah tempat mereka berbicara. Oleh karena itu, bisnis Anda perlu ada di situ, tidak sulit membuat akun media sosial seperti Twitter dan Facebook, kan? Setelah membuat akun, kembangkan strategi media sosial yang akan memungkinkan Anda melibatkan pelanggan dan menarik mereka mengatakan hal baik mengenai bisnis Anda.

Pantau reputasi online Anda

Karena sudah banyak percakapan tentang bisnis dan merek Anda di online, Anda perlu tahu apa yang dibicarakan di sana. Jadi, penting untuk memantau reputasi online Anda dan melihat seperti apa kabar dari word of mouth yang tersebar tentang Anda.

Dapatkan publikasi positif tentang bisnis Anda

Publikasi yang positif adalah investasi yang berharga bagi bisnis Anda. Entah itu tentang kegiatan amal di media massa atau tweet yang menyebutkan Anda mensponsori sebuah kegiatan olahraga.

Kontribusi nyata terhadap komunitas

Tanggung jawab sosial, membangun komunitas, atau apapun namanya, perbuatan baik akan mendatangkan kebaikan juga. Mensponsori komunitas atau kegiatan amal merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Jadilah orang yang bersedia bekerja sama untuk menyelesaikan sesuatu atau mendukung komunitas masyarakat dengan begitu orang lain akan memperhatikan Anda.

Peduli atau tidak, word of mouth akan selalu terjadi. Jadi, kenapa tidak mendengarkan mereka yang berbicara positif tentang bisnis Anda dan mempercepat penyebarannya?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top