Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

8 Tanda Bahwa Inilah Saat Tepat Meninggalkan Pekerjaan

Ketika berkutat dalam pekerjaan yang sama sekian tahun, wajar bagi Anda mengalami keletihan kreatifitas dan/atau ketidakpuasan pribadi.

Kepenatan akan dengan mudah dikenali—berhenti sejenak dan sebuah liburan yang santai seharusnya membantu menyegarkan pikiran dan perasaan Anda.

Di lain sisi, jika Anda telah menguasai pekerjaan dan perusahaan, Anda mungkin lebih baik mengeksplorasi kesempatan-kesempatan lainnya.

Tapi, bagaimana Anda tahu yang manakah kesempatannya? Kemungkinan sudah tahu jawabannya, akan tetapi Anda mungkin menebak-nebak sendiri.

Untuk menghilangkan keraguan Anda, berikut 8 tanda yang jelas bahwa inilah saat yang tepat bagi Anda meninggalkan pekerjaan.

20TipsinHandlingEmployeeResignation-300x200Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan mata tertutup

Mampu mengerjakan pekerjaan Anda dengan baik merupakan suatu hal yang bagus-lagi pula itulah yang sebagian besar para direktur inginkan.

Akan tetapi jika Anda telah menguasai pekerjaan dengan sangat baik sehingga tidak lagi memberikan tantangan dan Anda merasa sangat bosan, mungkin inilah saatnya keluar dari zona nyaman Anda.
 
Lingkungan kerja buruk

Lingkungan kerja kita memengaruhi kita dalam berbagai hal. Mungkin Anda memiliki kolega yang selalu ingin tahu yang lebih tertarik membuat gosip daripada melakukan pekerjaannya, atau anggota tim dengan agendanya untuk dirinya sendiri. 

 Apakah budaya perusahaan membatasi kreatifitas Anda? Yang digaris bawahi adalah jika Anda tidak merasa terinspirasi dan berenergi dengan lingkungan kerja Anda, mungkin sisi negatif lingkungan tersebut memengaruhi produktifitas dan kinerja Anda.
 
 Anda enggan berangkat kerja

Jika bangun tidur di pagi hari membuat Anda penuh keengganan, inilah saatnya untuk bertanya pada diri sendiri mengapa Anda merasa seperti ini, dan berapa lama hal ini sudah berlangsung.

Cobalah memusatkan pada penyebab keengganan ini-apakah orangnya, pekerjaan, ataukah budaya perusahaan? Kehilangan antusiasme untuk bekerja, yang mana wajar, akan dengan cepat menjalar pada ketidakpuasan dan ketidakpedulian jika dibiarkan.
 
Pekerjaan terasa tidak berarti

Apakah Anda merasa bahwa Anda membuat kontribusi positif dengan melakukan apa yang Anda lakukan, ataukah hanya masalah gajian tiap bulannya? Tidak ada yang salah dengan pilihan terakhir, tetapi jika Anda mendambakan tujuan lebih dalam pekerjaan, mungkin Anda harus menjadikannya prioritas dalam pencarian kerja.
 
Anda Selalu Tertekan dalam Bekerja

Bagaimanakah kolega Anda menggambarkan sikap Anda dalam bekerja? Jika mereka berkata bahwa Anda sering kali tersinggung dan terganggu hampir setiap saat, Anda mungkin ingin melihat baik-baik akan apa yang memicu tingkat stres tersebut.

Berada dalam kondisi tertekan terus menerus memengaruhi kemampuan kita untuk tetap obyektif dan fokus, sering kali mengarah pada keputusan yang buruk dan kesalahan dalam menilai. 
 
Anda benar-benar tidak menyukai rekan kerja

Tidak cocok dengan rekan kerja? Hal ini biasanya merupakan sebuah tanda yang sangat jelas bahwa inilah saatnya untuk pindah. Persahabatan dan keterikatan positif dengan anggota tim Anda merupakan prasyarat untuk produktivitas kerja.

Jika Anda merasa janggal dengan pekerjaan Anda, hal ini merupakan indikasi yang jelas bahwa budaya kerja tidak cocok dengan kepribadian dan nilai-nilai Anda. Anda tidak ingin menghabiskan 8 jam sehari dalam sebuah lingkungan yang mengerikan.

 Anda tidak melihat adanya masa depan di perusahaan tersebut

Anda tahu bahwa Anda telah menguasai pekerjaan/ perusahaan tapi tidak melihat adanya masa depan di sana. Jika Anda mendambakan tantangan lebih tetapi tidak mendapatkan dukungan yang tepat dari manajer Anda untuk kemajuan karir, mungkin inilah saatnya untuk Anda mengeksplorasi pilihan karir yang lainnya.

 Ide dan sudut pandang tidak dihargai

Salah satu cara termudah membunuh antusiasme seseorang adalah dengan tidak menghargai ide dan masukan mereka tanpa adanya pertimbangan tertentu. Jika hal ini terlihat seperti kejadian yang sering terjadi untuk Anda, Anda mungkin lebih baik mencari organisasi yang menghargai sudut pandang Anda dengan lebih baik dan dimana kontribusi Anda dihargai.
 
Apakah Anda menemukan diri Anda sendiri menyetujui mayoritas tanda-tanda di atas? Jika hal tersebut adalah masalahnya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan sebuah pergantian karir.  (Jobstreet)

1 Comment

1 Comment

  1. yant

    June 16, 2017 at 10:40

    semua yang tertulis di atas sudah saya rasakan,sehingga membuat saya berfikir kritis dengan keadaan” yang saya alami dan akhirnya memang saya harus keluar dari zona tersebut dengan tujuan memperbaiki tujuan saya untuk masa depan yang lebih baik. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top