Ajak Masyarakat Peduli Konservasi Gajah Lewat #RiseofTheElephant

Gajah Sumatera / Foto: wwf.or.id
Gajah Sumatera / Foto: wwf.or.id

Jumlah populasi gajah di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Menurut data yang dirilis Forum Gajah Indonesia tahun 2014, angka populasi gajah diperkirakan hanya tersisa sekitar 1700 individu.

Ancaman utama bagi populasi gajah Indonesia adalah hilangnya habitat mereka, perdagangan gading dan juga konflik antara manusia dan gajah. Tercatat, dua pertiga dari hutan alam di Sumatera telah menghilang dalam 25 tahun terakhir.

Menyadari ancaman yang sangat serius terhadap penurunan populasi gajah di Pulau Sumatera, Kreavi.com, Frank & co. dan LEBE (Let Elephants Be Elephants) Foundation pun berkolaborasi menggelar Kreavi Challenge 14 – Rise Of The Elephant.

Lewat kompetisi ini, Kreavi.com mengajak para penggunanya untuk membuat ilustrasi gajah yang akan menjadi bagian dari kampanye #RiseOfTheElephant.

Kompetisi ini bertujuan untuk mengajak para pengguna media sosial menunjukkan dukungan dalam upaya mencegah penurunan populasi gajah Sumatera.

Kreavi sendiri adalah sebuah galeri online sebagai wadah digital artists menunjukkan karya-karya visual digital mereka. Melalui galeri online ini digital artists bisa terhubung dengan para peminat karya mereka.

Mayumi Haryoto CEO Kreavi.com menuturkan bahwa penurunan populasi gajah Sumatera haruslah menjadi perhatian semua pihak. Karena, gajah merupakah salah satu hewan yang dilindungi dan sudah seharusnya semua stakeholders terlibat dalam upaya mencegah kepunahan satwa tersebut.

“Kami terpanggil untuk menjadi bagian dari kampanye ini. Kami menyadari bahwa medium visual adalah salah satu alternatif yang tepat dalam melakukan kampanye. Kami ingin mengajak lebih banyak desainer untuk menjadi bagian dari kampanye ini, sehingga lebih banyak masyarakat yang menyadari pentingnya dukungan publik terhadap upaya menjaga kelestarian gajah Sumatera,” kata Mayumi.

Lebih lanjut, Mayumi mengatakan upaya menjaga kelestarian gajah Sumatera tidak bisa hanya dilakukan oleh segelintir orang, perlu ada kolaborasi antar stakeholders untuk menciptakan sebuah kampanye yang masif dan berdampak.

“ Saya rasa ini momen yang tepat bagi para desainer untuk menjadi bagian dari upaya menciptakan dunia yang lebih baik,” tutur Mayumi.

Untuk mengikuti kampanye #RiseOfTheElephant pengguna Kreavi diharuskan meng-submit karya ilustasi mereka di http://www.kreavi.com/challenge/riseoftheelephant.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.