Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Akseleran Ajak Masyarakat Investasi Digital

Akseleran sebagai salah satu perusahaan financial technology (fintech) di Indonesia turut berpartisipasi dalam acara Fintech Days 2017 memperkenalkan investasi pinjaman (peer-to-peer lending) yang aman dan menguntungkan. Acara ini diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 9 – 10 November di Hotel Novotel Makassar.

 

Pertumbuhan perekonomian di Makassar mencapai angka 7,9% tahun ini. Dengan kata lain melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di angka 5,02%. Hal ini didukung salah satunya dari pemberdayaan UKM di wilayah ini.

“UKM menjadi tulang punggung perekonomian di negara kita. Karena itu peran teknologi finansial (financial technology) untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan sangat penting. Akseleran berkomitmen untuk terus membantu pertumbuhan inklusi keuangan dengan berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi cara berinvestasi dengan skema peer-to-peer lending yang aman di dunia digital,” ungkap Ivan Tambunan, CEO Akseleran.

Melalui acara ini, Akseleran sebagai penyedia platform peer-to-peer lending, ingin mengajak masyarakat di Indonesia Timur untuk dapat berinvestasi dalam bentuk pinjaman dengan mudah dan aman. “Bagi kami, inovasi teknologi yang ada saat ini penting untuk dapat membantu inklusi keuangan di Indonesia. Tetapi tentu saja seiring dengan berkembangnya industri ini, maka semakin penting pula masyarakat Indonesia harus tahu lebih banyak bagaimana mereka dapat melakukan investasi berbentuk pinjaman dan berkontribusi melalui platform teknologi keuangan atau fintech,” tambah Ivan.

 

 

Ivan menambahkan beberapa tips bagi masyarakat yang ingin berinvestasi melalui platform teknologi keuangan:

  1. Lakukan diversifikasi investasi

Platform teknologi keuangan seperti Akseleran menyediakan database peminjam secara transparan yang dapat dilihat dan dipelajari oleh calon investor. Ada baiknya dalam berinvestasi investor dapat membagi dana ke berbagai bentuk dan jenis usaha sehingga dapat meminiimalisasi resiko investasi.

Di Akseleran, calon investor dapat memilih antara peer-to-peer lending (pinjaman) atau equity crowdfunding yang menawarkan pilihan pengembalian keuntungan dan jangka waktu yang lebih fleksibel.

  1. Pertimbangkan suku bunga yang didapat

Sebelum berinvestasi, calon  pemberi pinjamanharus membandingkan suku bunga yang diterapkan. Karena itu pilihlah suku bunga dan ketentuan investasi pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dalam berinvestasi.

  1. Pilih platform yang dapat dipercaya

Setiap usaha pasti menyimpan resiko, meskipun Anda telah memilihnya secara seksama. Sehingga pilihlah platform fintech yang dapat memberi proteksi pada dana yang telah Anda investasikan.

Dengan terdaftarnya Akseleran di OJK, menjadi bukti komitmen perusahaan dalam melindungi calon investor dan UKM yang melakukan penggalangan dana di platform Akseleran, baik melalui peer-to-peer lending maupun equity crowdfunding. Selain itu, untuk mempermudah dan memberikan rasa aman bagi calon investor, Akseleran melakukan uji tuntas hukum dan keuangan, negosiasi, melakukan dokumentasi hukum serta proses penyelesaian investasi bagi UKM dan startup yang ingin menggalang dana.

Dalam acara sosialisasi di Makassar tersebut turut hadir pula beberapa instansi pemerintah seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, yang turut mendukung hadirnya fintech demi terciptanya perekonomian inklusif di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top