Portal Lengkap Dunia Marketing

                                                                                                               
News & Event

Andalkan Teknologi Analytics, KarAds Ramaikan Pasar Media Luar Ruang

Optimalisasi teknologi pada berbagai lini komunikasi brand tidak bias dihindari. Pun demikian halnya dengan media luar ruang (Out Of Home). Data dari BMI research per 2015 memaparkan tingkat awareness pemanfaatan media luar ruang hampir menyamai TV. Jika TV 83%, maka media luar ruang 81%. Hal ini karena 50% masyarakat Jabodetabek menghabiskan 10 jam waktu di luar rumah.

karads

Founder & CEO KarAds, I Made Harta Wijaya. (Foto: Lia Lilyanti)

Bukan hanya branding yang tepat sasaran, penggunakaan teknologi ini juga bermanfaat untuk memonitoring efektivitas penggunaan media luar ruang tersebut. Seperti halnya yang dilakukan oleh KarAds. KarAds merupakan start up gawangan PT Transhub Jaring Media yang bergerak di bisnis media luar ruang. Founder & CEO KarAds I Made Harta Wijaya mengungkapkan teknologi analytics terkini bagi pengiklan ini diaplikasikan melalui pemasangan stiker di mobil-mobil pribadi yang dilengkapi dengan perangkat GPS.

 “Kami berbeda dengan pemain media luar ruang lainnya. Kita tak hanya sebagai media luar ruang, tetapi menawarkan analytics yang selama ini tak ada di media luar ruang lainnya seperti Billboard, transit media, atau videotron. Di samping itu, soal harga layanan dan efektifitas, bisa diadu. Kita lebih efektif dengan harga hanya sepersepuluh dari media luar ruang tradisional,” ujarnya.

Lebih lanjut lagi Made menjelaskan, pemanfaatan mitra-mitra pemilik mobil pribadi untuk dipasangkan stiker dari pengiklan sesuai dengan spot yang dipilih di bodi mobil. Ada kompensasi untuk setiap mobil yang dijadikan media beriklan, tanpa harus mengubah perilaku berkendara sehari-hari dari si pemilik mobil. Ketimbang pada smartphone, GPS di mobil menurutnya lebih akurat untuk memantau pergerakan iklan dan mendukung penyajian analytics data bagi pengiklan.

Pengiklan juga diberikan akses real time ke dashboard milik KarAds untuk memantau kinerja dari iklan yang dipasangnya. Data yang diolah dari GPS terpasang di mobil disajikan di dashboard untuk mengukur impresi, profil jalanan, dan lainnya. Selain itu, KarAds akan memberikan laporan mendetail usai masa tayang iklan ke pengiklan yang dapat digunakan untuk mengukur efektifitas promosinya, sebagai dasar untuk kegiatan pemasaran berikutnya. Saat ini, pendaftaran untuk menjadi mitra secara online dapat diakses melalui webiste atau aplikasi KarAds.

“Para mitra kami memiliki mobilitas yang tinggi untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Rata-rata jarak tempuh 50-100 Km per hari, dan dominan digunakan untuk keperluan pribadi. Untuk pentarifan kita mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 6 juta setiap pemasangan tergantung jenis stiker yang dipilih,” pungkas Made.

Angelina Merlyana Ladjar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top