Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Apa Itu Multichannel Marketing?

Multichannel marketing mengacu pada praktek di mana perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran, baik langsung maupun tidak langsung, untuk menjual barang dan jasanya.

Secara proaktif perusahaan menggunakan saluran langsung seperti toko, katalog dan email atau tidak langsung seperti membuat konten melalui website dan media sosial untuk menjangkau pelanggannya. Ini juga dikenal sebagai inbound marketing.

Menerapkan 5 Prinsip Marketing ModernCara lain untuk menjangkau pelanggan dengan multichannel marketing termasuk melalui perangkat mobile, pesan teks (SMS), email, website, media sosial, SEO, atau GPS untuk melacak kedekatan pelanggan dengan barang atau jasa yang ditawarkan.

Multichannel marketing menggabungkan praktik inbound dan outbond marketing dengan tujuan untuk menjangkau pelanggan pada saluran pilihan mereka sendiri. Melalui cara ini, proses pembelian lebih dikontrol pelanggan ketimbang pemasar.

Meningkatnya tren multichannel marketing sendiri didasarkan pada fakta bahwa pelanggan saat ini memiliki lebih banyak pilihan dibanding sebelumnya dalam mendapatkan informasi.

Penyebaran saluran yang tersedia, termasukan pertumbuhan email, media sosial dan mobile, telah menyebabkan siapapun yang berada di dunia marketing untuk semakin meningkatkan kehadiran mereka.

Cara-cara lama seperti menggunakan media cetak, telemarketing atau siaran di radio dan televisi  bukan lagi satu-satunya fokus pemasar. Metode lama tersebut sampai saat ini memang masih ada, tetapi hanya merupakan bagian dari strategi yang lebih besar.

Para pemasar terus berusaha mengembangkan analisisnya untuk menentukan pelanggan mendapatkan pesan berdasarkan informasi demografis dan berilaku lainnya.

Di luar mengetahui siapa pelanggan dan apa yang diinginkan pelanggan, para pemasar mencoba untuk memahami saluran tertentu yang digunakan pelanggan untuk memaksimalkan visibilitas pesan mereka.

Hal tersebut memungkinkan perusahaan menargetkan audience yang tepat dengan konten yang tepat untuk mendorong penjualan.

Margaret Rouse dalam tulisannya di techtargetcom menyarankan, agar sukses dalam multichannel marketing atau digital marketing, perusahaan harus berupaya merancang kampanye di beberapa saluran.

Berharap pelanggan beradaptasi dengan saluran yang dipilih perusahaan adalah harapan yang tidak realistis. Perusahaan harus membuat kampanye dan menyesuaikannya untuk banyak saluran.

Tujuannya adalah untuk mengetahui mana saluran yang paling efektif dan menyebabkan penjualan terbanyak. Baca: 3 Manfaat Multichannel Marketing.

Saat ini perusahaan tengah berjuang untuk memfokuskan tujuan mereka dan mencari tahu banyak hal seperti mengukur jangkauan atau frekuensi pesan ketika merancang multichannel marketing.

Kesulitan berasal dari ketidakmampuan dalam mengoordinasikan pesan di semua departemen pemasaran dan memastikan apa yang dilakukan konsisten di setiap saluran.

Secara umum multichannel marekting menantang perusahaan untuk berjuang lebih dalam mengembangkan CRM secara keseluruhan, seperti mendapatkan 1 repository untuk data pelanggan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top