Apa yang Harus Dilakukan jika Reputasi Online Rusak

Marketing.co.id– Reputasi adalah segalanya, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Bagian terpenting dalam mengelola reputasi online adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Nah, bagaimana bila reputasi online Anda rusak? Bagaimana cara terbaik menghadapinya?

Perlu Anda ingat, apapun yang Anda ketik atau share merupakan representasi perusahaan dan nilai-nilainya. Ribuan, bahkan jutaan pelanggan potensial akan melihatnya begitu Anda merilisnya ke dunia maya. Itu sebabnya, berhati-hatilah dengan semua yang Anda bagi di dunia maya

Apabila setelah bertindak hati-hati tetap terjadi masalah dan reputasi kita terancam, pendekatan pertama yang perlu dilakukan adalah menghadapinya secara positif. Jika pengguna forum posting komentar negatif mengenai Anda, cobalah untuk memperbaiki situasi tersebut. Jangan marah, bersikap agresif, atau membela diri.

Jika masalah sudah diidentifikasi, tawarkan untuk memperbaikinya. Jika seseorang menyebarkan kebohongan mengenai perusahaan Anda, dengan sopan dan tegas tanyakan alasan mereka berkomentar tidak tepat sambil menunjukkan bukti untuk mendukung pernyataan Anda.

Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke dalam “perdebatan”. Ingatlah, setiap orang yang melihat komentar Anda adalah pelanggan potensial, sehingga tujuan Anda adalah meyakinkan orang bukan berdebat dengan mereka.

Keuntungan dari menangani situasi seperti ini adalah ketika pelanggan lain melihat pendekatan Anda, mereka akan ingat kemampuan Anda dalam menangani situasi ini. (www.startupsmart.com.au)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.