Portal Lengkap Dunia Marketing

Excellent Service

Bagaimana Cara Menyediakan Layanan Pelanggan Yang Hebat?

Layanan pelanggan prima menciptakan pelanggan setia seumur hidup; pelanggan yang bersedia merekomendasikan bisnis Anda ke teman, keluarga dan kolega. Menyediakan layanan pelanggan prima bukan hanya dimulai dengan keinginan tulus Anda untuk menyenangkan para pelanggan, namun Anda juga harus berpikir tidak hanya ( di luar) menjual produk dan layanan.

Anda perlu mempertimbangkan pengalaman kumulatif yang dimiliki pelanggan saat mengunjungi toko atau situs web, apa yang mereka pikirkan dan rasakan, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih baik.

Berikut 9 cara untuk mengetahui lebih banyak tentang pelanggan dan mulai menciptakan pola layanan pelanggan yang sangat baik untuk bisnis Anda.

Tahu produk dan jasa yang dijual

Untuk memberikan layanan pelanggan prima, Anda perlu tahu secara mendalam apa yang dijual. Oleh sebab itu, pastikan Anda dan semua karyawan yang berhadapan langsung dengan karyawan tahu bagaimana produk atau layanan bekerja. Sadarilah pertanyaan yang paling sering diajukan pelanggan dan cari tahu bagaimana mengartikulasikan jawaban yang akan membuat mereka puas.

Ramah

Seperti yang banyak pakar pelayanan katakan, layanan pelanggan dimulai dengan senyuman. Ketika Anda berada dalam situasi tatap muka langsung dengan pelanggan, salam hangat harus menjadi hal pertama yang dilihat pelanggan, kemudian mendengarkan ketika mereka meminta bantuan. Bahkan, saat menangani permintaan layanan pelanggan melalui telepon pun, senyum bisa masuk melalui suara, jadi pastikan Anda siap untuk bersikap ramah.

Ucapkan terima kasih

Terlepas dari jenis bisnis yang Anda miliki, mengucapkan terima kasih setelah setiap transaksi dengan pelanggan adalah  salah satu cara termudah untuk memulai kebiasaan layanan pelanggan yang prima.

Latih karyawan Anda

Penting bagi Anda untuk memastikan semua karyawan, bukan hanya divisi layanan pelanggan, memahami cara mereka berbicara, berinteraksi dan memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan. Berikan pelatihan kepada semua karyawan dan memberikan mereka alat yang dibutuhkan untuk membawa layanan pelanggan yang prima melalui seluruh pengalaman pelanggan.

Perlihatkan respek Anda

Layanan pelanggan sering kali melibatkan emosi, jadi penting untuk memastikan Anda dan karyawan yang menangani tugas layanan pelanggan untuk selalu sopan dan hormat. Jangan biarkan emosi Anda sendiri menghilangkan keinginan Anda untuk melihat pelanggan pergi dengan perasaan bahagia.

Mendengarkan

Mendengarkan adalah salah satu rahasia layanan pelanggan yang paling sederhana. mendengarkan berarti mendengar apa yang dikatakan pelanggan walaupun mereka berteriak, begitu juga dengan apa yang mereka komunikasikan secara non-verbal. Perhatikan tanda-tanda bahwa mereka tidak senang, sambil mendengarkan apa yang mereka katakan kepada Anda secara langsung.

Responsif

Mungkin tidak ada yang lebih buruk daripada tidak responsip terhadap pelanggan yang mencoba mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan masalah, atau mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang Anda jual. Sangat penting untuk menanggapi setiap pertanyaan pelanggan dengan cepat, meskipun hanyak dengan mengatakan Anda mengerti tentang masalah tersebut dan akan kembali menelepon pelanggan tersebut. Terkadang, beberapa respon selalu lebih baik daripada tidak ada sama sekali, sehingga pelanggan tidak merasa diabaikan.

Minta masukan

Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang Anda pelajari tentang pelanggan dan kebutuhan mereka saat Anda bertanya kepada mereka apa pendapatnya tentang bisnis, produk ddan layanan yang Anda tawarkan.

Anda dapat menggunakan survei pelanggan, formulir umpan balik dan kuesioner, namun Anda juga dapat membuat praktik umum untuk meminta masukan dari pelanggan langsung saat mereka menyelesaikan pesanan mereka.

Gunakan masukan yang telah Anda terima

Anda perlu melakukan sesuatu dengan umpan balik yang diterima dari pelanggan agar berguna dalam proses layanan pelanggan Anda. Luangkan waktu untuk meninjau umpan balik secara berkala, mengidentifikasi area yang harus diperbaiki, dan membuat perubahan spesifik dalam bisnis Anda.

Layanan pelanggan prima sering kali terjadi karena secara konsisten memeriksa pelanggan dan memastikan mereka senang bukan hanya dengan produk dan layanan yang Anda jual, tapi juga dalam proses pembelian dan pemesanan yang bekerja dengan baik. Jika Anda melakukannya 9 cara menyediakan layanan pelanggan prima ini dengan sukses, Anda berada di jalan untuk dikenal sebagai bisnis yang menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik.

Sumber: TheBalanceCom

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top