Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Alat Simulasi Online untuk CFO dan Corporate Treasres

Bank DBS telah meluncurkan alat simulasi perbendaharaan online dan manajemen keuangan pertama di dunia yang dibuat khusus untuk  Kepala Keuangan (Chief Financial Officer/CFO) dan corporate treasurers

Pengguna dapat menstimulasi beragam solusi korporasi pada DBS Treasury Prism (treasuryprism.dbs.com) secara gratis, serta meninjau berbagai peluang guna menambah nilai maksimal bagi perusahaannya.

CFO dan corporate treasurers sering kali mengelola beberapa rekening/akun dengan mata uang dan arus transaksi yang berbeda-beda di berbagai negara. Sebagai hasilnya, mereka sering kali terlibat dengan beberapa bank untuk membantu mereka dalam memperoleh solusi manajemen kas dan treasury secara optimal.

Dalam melakukan hal tersebut, sebuah proses yang disebut Request for Proposal (Permintaan Proposal), sering kali menjadi hal yang memakan waktu, tidak produktif, dan membosankan.

Menggunakan pendekatan desain yang berfokus pada manusia (human-centered design), DBS menemukan 5 (lima) area kritis yang harus diatasi melalui wawancara mendalam dengan 50 CFOs, corporate treasures, dan para staf keuangan profesional. Area permasalahan tersebut meliputi:

  • Terlalu banyak persiapan kerja yang dilakukan untuk mendapatkan solusi optimal.
  • Sulitnya mengukur keuntungan dan menghitung biaya dari solusi yang diajukan oleh bank yang berbeda-beda.
  • Tidak ada waktu untuk mengikuti perubahan terkini terkait peraturan, pajak, dan pasar.
  • Terlalu banyak upaya yang diperlukan untuk bekerjasama dengan para stakeholder dalam membuat solusi manajemen keuangan baru.
  • Sulitnya mengimplementasi solusi-solusi baru yang rumit

DBS Treasury Prism dirancang untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut dengan cara memberi CFO dan corporate treasurers kemampuan bereksperimen sendiri dengan struktur manajemen kas dan likuiditas serta menganalisa keuntungan dan biaya yang relatif. 

Platform bank-agnostic ini juga memperhitungkan regulasi dan kondisi perpajakan di mana perusahaan tersebut berada, dan memberi pandangan yang kontekstual dengan segera, untuk membantu  memahami implikasi terhadap tiap solusi yang dihasilkan.     

Pengguna dapat membuat simulasi struktur akun/rekening dan likuiditas di berbagai pasar lalu membandingkan tiap solusinya melalui penilaian atas biaya dan keuntungannya. Kombinasi dari solusi digital dan pandangan kontekstual akan menghasilkan pengalaman bernilai tinggi bagi para treasurers dalam mengeksplorasi berbagai kesempatan dan solusi.

Platform online  dinamis ini dilengkapi dengan lebih dari 30 alat likuiditas dan arus manajemen, termasuk solusi bank dan alat perusahaan seperti optimasi bunga, national pooling, pembayaraan instan, dan pembayaran serta manajemen piutang – semua ini didukung sejumlah pandangan pasar yang real time. Sebagai tambahan, platform ini memiliki fitur ‘Optimasi’ yang merekomendasikan sejumlah struktur alternatif untuk penggunanya agar mereka dapat mengeksplor dan mempertimbangkan.

Membangun layanan transaksi global adalah salah satu strategi prioritas Bank DBS, dan saat ini, hal tersebut telah berkontribusi sebesar 31% terhadap pemasukan bisnis perbankan korporasi (institutional banking).

Secara khusus, layanan manajemen kas Bank DBS telah tumbuh semakin kuat. Di awal tahun 2017, Bank DBS meraih gelar Best Transaction Bank di Asia oleh The Asset; dan Best Overall Bank untuk Cash Management oleh Global Finance.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top