Begini Cara Telkomsel Dekati Segmen Anak Muda

Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel saat memberikan sambutan di peresmian LOOP Station Mahakam, Selasa (28/10).  LOOP Station kedua setelah di Bandung berfungsi sebagai tempat hangout  bagi LOOPers (pelanggan brand loop) untuk berkumpul menyalurkan hobi, berekspresi secara positif dan mencoba berbagai layanan digital terkini, serta sekaligus berfungsi sebagai kantor pelayanan.
Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel saat memberikan sambutan di peresmian LOOP Station Mahakam, Selasa (28/10). LOOP Station kedua setelah di Bandung berfungsi sebagai tempat hangout bagi LOOPers (pelanggan brand loop) untuk berkumpul menyalurkan hobi, berekspresi secara positif dan mencoba berbagai layanan digital terkini, serta sekaligus berfungsi sebagai kantor pelayanan.

Menggarap segmen anak muda membutuhkan pendekatan yang berbeda. Terkadang perusahaan harus menyelami gaya hidup anak muda agar merek atau produknya bisa diterima. Menyadari kondisi Telkomsel melakukan brand aktivasi berkonsep experiential marketing.

Konsep tersebut diberi nama LOOP Station. Setelah sebelumnya diluncurkan di Bandung yang merupakan LOOP Station perdana, kini LOOP Station hadir di Jakarta. LOOP Station diresmikan langsung oleh Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston, kemarin (28/9).

LOOP Station kedua berlokasi di kawasan Mahakam, Jakarta Selatan, yang selama ini kondang sebagai tempat “nongkrong” anak-anak muda. Di tempat ini para LOOPers (sebutan pelanggan youth Telkomsel) bisa berkumpul menyalurkan hobi, berekspresi secara positif dan mencoba berbagai layanan digital terkini. Tidak ada syarat khusus bagi pengunjung masuk ke tempat ini, misalnya harus pelanggan LOOP atau dipungut biaya.

Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel (paling kanan) saat meninjau ke dalam LOOP Station Mahakam didampingi oleh Venusiana Papasi, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel (paling kiri) dan Erwin Tanjung, Vice President Sales & Marketing Area Jabotabek Jabar Telkomsel (tengah).
Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel (paling kanan) saat meninjau ke dalam LOOP Station Mahakam didampingi oleh Venusiana Papasi, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel (paling kiri) dan Erwin Tanjung, Vice President Sales & Marketing Area Jabotabek Jabar Telkomsel (tengah).

“LOOP Station memiliki banyak keseruan bagi LOOPers. Tidak hanya menjadi tempat untuk mengeksplorasi berbagai teknologi digital terbaru, namun LOOP Station juga dapat mengakomodir LOOPers di dalam menyalurkan berbagai aktivitasnya,” tutur Alistair. Dia menambahkan, LOOP Station sengaja dirancang one stop solution untuk mengakomodasi tingginya aktivitas para para LOOPers.

Berkonsep Youth and Digital, LOOP Station memiliki nuansa desain yang fun, colorful, dinamis, atraktif dan technology driven, dihiasi dengan graffiti dan dilengkapi dengan banyak konten digital yang seru. LOOP Station terbagi menjadi beberapa zona, di antaranya Entertainment Zone yang menampilkan showcase untuk music, games, video, dance dan art. Zona ini juga berfungsi sebagai experience area untuk layanan Digital Life Style Telkomsel dan New Digital Technology.

Ada juga Hangout Zone yang berfungsi sebagai tempat LOOPers bersosialisasi dengan teman-temannya sambil menikmati akses wifi, mencoba layanan digital dan hiburan yang tersedia. LOOP Station in juga dilengkapi dengan Food & Beverage Zone yang menjual makanan, minuman dan makanan ringan dengan harga terjangkau.

Tidak cukup sebagai tempat hangout, Telkomsel menggelar LOOP KePo (Kreatif Project). LOOP KePo merupakan suatu rangkaian kegiatan yang khusus diperuntukkan bagi LOOPers (sebutan pelanggan LOOP), yang mengangkat sisi edukasi, kreativitas, dan teknologi digital. Sebelumnya juga sempat digelar One Million Dreams Concert di 10 kota secara serentak dengan metode live streaming dan kompetisi mini soccer LOOP Soccer FunFest.

Sekadar informasi, merek LOOP tidak hadir begitu saja, melainkan melalui serangkaian Forum Group Discussion (FGD) yang melibat anak-anak muda. Jadi, bisa dikatakan merek ini lahir dan diciptakan dari anak-anak muda.

Ririn Wirdayani, VP Prepaid and Broadband Marketing mengatakan, melihat tingginya minat anak-anak muda terhadap LOOP Station Telkomsel akan membuka LOOP Station di beberapa kota. Akan diwujudkan dalam waktu dekat LOOP Station Surabaya dan Yogyakarta.

Ririn mengatakan, Telkomsel terus berupaya meningkatkan penetrasi di segmen anak muda. Saat ini komposisi segmen anak muda baru mencapai 10% dari total jumlah pelanggan Telkomsel.

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.