Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

BEKRAF Resmikan Program Inspiratif, IKKON 2017

Dalam rangka mendukung Nawa Cita atau sembilan cita-cita dari pemerintah Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) baru saja meluncurkan “Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) 2017″ yaitu sebuah program yang menempatkan seseorang atau sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan mendorong potensi ekonomi kreatif lokal.

BeKraf-IKKON 2017

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (kanan) saat meluncurkan program “Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) 2017″  di Jakarta, 07 Juli 2017. Foto: Istimewa

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Triawan Munaf mengatakan bahwa kegiatan ini menempatkan para desainer yang berbasis urban – akademis untuk berkolaborasi dengan perajin lokal yang berbasis rural – komunitas. Dengan IKKON diharapkan dapat menumbuh kembangkan perekonomian baru di daerah pedesaan sehingga ekonomi kreatif bisa menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Program IKKON merupakan kegiatan komprehensif karena melibatkan beberapa personil dengan bermacam latar belakang pendidikan dalam satu tim serta berkesinambungan dalam jangka waktu panjang, yaitu 5 bulan. Rekrutmen peserta yang cukup ketat, membuat program ini menjadi salah satu ajang bergengsi yang diadakan oleh BEKRAF untuk memperoleh produk lokal yang berkualitas internasional dan dihasilkan oleh anak bangsa.

Pada tahun 2016, beberapa produk IKKON telah diakui kualitasnya melalui pameran luar negeri seperti karya perlengkapan makan dari bambu hasil kolaborasi pelaku kreatif lokal dengan tim IKKON di Ngada, NTT yang mendapatkan penghargaan The Best Show pada Chiang Mai Design Week. Ada pula desain motif Sylvie Arizkyani yang diterjemahkan melalui batik oleh Ibu Tarkinah dari Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang terpilih oleh kurator untuk ditampilkan di Salone Del Mobile Milano, Italia.

Adapun pelaksanaan IKKON 2017 akan berlangsung di Banyuwangi, Bojonegoro, Banjarmasin, Belu dan Toraja Utara. Karya dari hasil kolaborasi program IKKON ini diharapkan mempunyai kekuatan lokal yang memiliki kebaruan baik bentuk maupun fungsi serta design baru sehingga akan memancing daerah-daerah lain dengan potensi lokal yang baik untuk berinovasi

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top