Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan dengan Semangat #Zakat360

Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah sebentar lagi akan menghampiri umat muslim di dunia termasuk di Indonesia. Bulan yang dinanti-nanti ini akan disambut dengan sukacita karena selalu identik dengan kebaikan. Kebaikan yang terwujud dalam berbagai kegiatan seperti berbagi takjil menu berbuka, parsel lebaran, mudik, dan juga santunan bagi dhuafa.

#zakat360 dompet dhuafa

Dompet Dhuafa sebagai lembaga nirlaba yang terlibat langsung  dibidang sosial kemanusiaan untuk santunan dan donasi zakat menyambut bulan Ramadhan kali ini dengan program terbarunya yaitu #Zakat360. Program ini adalah lanjutan dari gerakan terdahulu yang terbilang sangat sukses dilakukan Dompet Dhuafa yaitu, Zakatnesia.

#Zakat360 adalah tema kampanye yang dipilih Dompet Dhuafa untuk menyebarkan semangat membantu sesama untuk membuka belenggu kemiskinan.  Dengan semangat #Zakat360, Dompet Dhuafa berharap berzakat bisa menjadi suatu gaya hidup di masyarakat dan menyatu dalam budaya Indonesia.

Ide kampanye datang dari melihat segi manfaat yang bisa dihadirkan oleh zakat. Selain sebagai kewajiban dan membersihkan harta bagi yang menunaikannya (muzaki), zakat memang sangat memberikan manfaat bagi para penerimanya (mustahik). Dari sinilah #Zakat360 muncul, dengan melihat zakat adalah ibadah yang memiliki dimensi sosial.

#Zakat360 menjadi program yang sangat penting karena mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjadikan zakat sebagai kunci pembuka belenggu kemiskinan di Indonesia. Pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) yang tepat bisa mengubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan.

Dompet Dhuafa dengan program-program zakat yang telah digulirkan telah terbukti berhasil memberdayakan masyarakat dhuafa. Contohnya adalah dari Banten ada Ibu Wasti yang menjadi salah satu penerima manfaat program ekonomi kerang hijau. Ia menggerakkan koperasi bersama komunitas di desanya dan kini koperasi tersebut menunjukkan perkembangan yang bagus. Ia pun kini bisa menyisihkan dari penghasilan yang diperoleh untuk berzakat.

Lalu ada bapak Maman Suherman, seorang petani dari Cipanas. Ia dan teman-temannya yang tergabung dalam Kelompok Petani Sayur Sumber Jaya Tani di Cipanas, mendapat  bantuan pertama dari Dompet Dhuafa, seperti benih, obat-obatan, semprotan dan mobil untuk mengangkut sayur.

Kini Kelompok Petani Sayur Sumber Jaya Tani sudah sangat maju. Bahkan kini mereka sudah menambah variasi sayur-sayur organik yang nilai jualnya lebih besar tiga kali lipat.

“Yang terpenting sekarang Alhamdulillah sudah bisa menjalankan kewajiban kami sebagai muslim yaitu membayar zakat. Sudah bisa berbagi ke anak yatim dan jompo,” ujar Maman yang hadir di acara konferensi pers #Zakat360 Rabu 10/4.

“Pada Ramadhan kali ini, kami terus menyerukan gerakan kebaikan dari berzakat. Karena dengan zakat, dan juga infak, sedekah serta wakaf, telah terbukti mampu mengangkat kaum dhuafa menjadi insan yang berdaya. Semangat #Zakat360 Buka Belenggu Kemiskinan sangat cocok menjadi semangat kita semua dalam menghadirkan gerakan kebaikan di Ramadhan kali ini, “Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Dengan kampanye #Zakat360, Dompet Dhuafa mencanangkan target untuk dana yang dihimpun berjumlah 99 Miliar Rupiah. Jumlah ini lebih besar dari dana yang dihimpun pada tahun lalu yang mencapai 72 Miliar rupiah.

Untuk menyukseskan kampanye ini, Dompet Dhuafa telah meranang beberapa program antara lain program 1438 kantong darah untuk Peduli Thalassemia, Festival Kuliner, Berbagi Parsel Lebaran, Sahabat Berbagi Harapan, Mudik Berkah dan Aman, Ramadhan di Suriah dan Somalia.

Wicaksono

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top