Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

1500 UKM dari 5 Kota Ini Siap Go Online

Kemenkominfo bekerja sama dengan BLANJA.com, Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA) dan Pemerintah Daerah mengadakan program bersinergi mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai “The Digital Energy of Asia” dengan melakukan edukasi terhadap pelaku UKM Indonesia.

Septriana Tangkary, Direktur Pemberdayaan Informatika menyatakan, Indonesia memiliki 57,9 juta pelaku UKM. Untuk itu, UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada produk Domestik Bruto Nasional.

Sebagai langkah awal dalam program tersebut, Kemenkominfo, idEA, dan BLANJA.com bersinergi untuk Satu Juta UKM Go Online melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia.

Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi adalah kota-kota yang telah selesai melaksanaan ini. Dari ke-5 kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1500 UKM lokal yang siap Go Online. Sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia.

“Melalui sinergi ini, kami berharap UKM bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online, sehingga komitmen pemerintah dengan program 1 juta UKM dapat memberikan dampak yang optimal terhadap perekonomian daerah,” tambah Fikri Vice President BLANJA.com.

Mengusung tagline “#BLANJAjemputUKM”, Fikri berharap UKM bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar meningkatan ekonomi nasional. 

“Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Kami juga mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar produk mereka dapat bersaing,” lanjut Fikri.

Saat ini BLANJA.com sedang dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top