Seputar Marketing

Bodypack: Menyulap Botol Plastik Menjadi Tas Berkelas

Ivan_Body_PackMarketing.co.id – Selain berbahan botol plastik yang menjadi keunikan Bodypack, desain tasnya pun memiliki tema sesuai dengan tren pasar yang berkembang. Hal ini yang menjadikan Bodypack diminati pasar.

Hasil daur ulang botol plastik umumnya berwujud aneka kerajinan tangan, namun oleh Bodypack kini dikembangkan menjadi sebuah tas. Berbahan dasar PET, yakni botol plastik, Bodypack membesut “Simplified Series” yang diklaim tidak kalah kuat dengan bahan dasar polyester.

“Awalnya kami khawatir, apakah produk ini bisa diterima di pasar. Karena takut konsumen ragu dengan ketahanan tas ini. Namun, ternyata mereka sudah membuktikannya,” jelas Ivan, Brand Manager Bodypack.

Selain kuat, tas berbahan baku PET ternyata lebih ringan. Proses pembuatan tas ini, lanjut Ivan, berlangsung di Cina. Bahan bakunya juga diperoleh dari sana, namun desain dan modelnya dari Bodypack.

Tas PET sudah marak di luar negeri sejak setahun silam. Isu go green turut menggelitik para produsen tas untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Ivan mengatakan, sejak meluncur akhir April 2013 lalu, respons pasar cukup positif. Minggu pertama ke minggu kedua naik dua kali lipat, kemudian dari minggu kedua ke minggu ketiga naik 80%. Per outlet mampu menjual rata-rata 12 unit per article.

“Hingga akhir tahun ini, kami menargetkan per outlet bisa menjual 100 tas Simplified, dan kapasitas produksi yang kami minta sekarang di Cina 1.000 unit per bulan,” terang dia.

Simplified Series tersedia tujuh article sekarang, di antaranya ada tas shoulder, triplefunction, tas camera, dan lain-lain (serinya mulai dari Simplified 0.1–Simplified 0.4, Simplycam 0.1–Simplycam 0.2, dan Simply Loacate).

Kontribusi penjualan Simplified terhadap total penjualan Bodypack cukup besar, mencapai 20%. Kontribusi utama berasal dari tas seri Simplified 0.2 yang menyumbang penjualan hingga 40%.

Tas ini disukai karena fungsinya sebagai tas tablet juga. Tak bisa dipungkiri, saat ini tas yang multifungsi untuk gadget memang tengah booming. Bodypack mulai serius menggarap tas gadget sejak tahun 2007, khususnya digital case.

Langkahnya dimulai dengan mengeluarkan tas laptop dulu. Kemudian beranjak ke tas kamera, dan sekarang tengah dikembangkan tas untuk PC gaming.

Pada Juni 2013, tas yang diberi nama “NXL Series” rencananya akan diperkenalkan. Nama NXL diambil dari komunitas gamer nasional yang cukup berprestasi. Bodypack memang menggandeng komunitas ini untuk mengembangkan tas bagi para gamer.

Peluang yang menjanjikan bisa dilihat dari banyaknya gamer yang membawa perlengkapan game mereka yang besar-besar dan mahal ke mana pun mereka berada. Hal inilah yang mendorong Ivan untuk menggarap potensi pasar tersebut.

Dalam setahun, Bodypack bisa mengeluarkan tiga tema tas. Semuanya dibuat berseri, yang terdiri dari beberapa article. Seperti pada tahun lalu: Digital Ethnic, Digital Colour, dan Camera Series.

Setiap tema memiliki concern tersendiri, seperti Camera Series, diusung karena hobi fotografi yang kian meluas hingga merambah ke kaum awam.

Tahun ini, Bodypack sudah menyiapkan tiga tema produk juga, yang pertama dikeluarkan di kuartal pertama, yaitu Simplified Series, tas berbahan dasar PET. Kemudian, yang kedua dan yang ketiga, Ivan masih merahasiakan.

Sementara dari sisi jumlah inovasi produk, pria berkulit putih ini mengungkapkan, pihaknya bisa menelurkan 50–60 produk baru dalam setahun.

Distribusi tas Bodypack menyebar hingga ke berbagai daerah dengan dibantu sejumlah jaringan ritel, di antaranya Bodypack Store yang saat ini total ada 22 gerai—dan akan menjadi 25 gerai hingga akhir tahun 2013. Berbagai counter, seperti toko buku Gramedia, semuanya ada 50 mitra counter, lalu toko-toko agen yang jumlahnya sekitar 50 gerai.

Target market Bodypack secara umum adalah mahasiswa dan karyawan perusahaan. Bodypack adalah sister dari tas Exsport dan Eiger, namun segmen yang disasar Exsport lebih pada anak-anak sekolah, sementara Eiger untuk orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruang.

Program promosi yang kerap dilakukan, jelas Ivan, selama ini hanya mengandalkan activation lewat pameran dan beberapa kegiatan below the line serta above the line yang berlangsung di setiap toko.

Display yang kami pasang dibuat semenarik mungkin bagi pelanggan. Seperti untuk Simplified, kami taruh botol-botol plastik untuk menggambarkan bahan dasar dari tas ini,” tambah dia.

Ke depan, Bodypack akan mencoba masuk YouTube untuk mempromosikan ketahanan tas Simplified. “Keunggulan kami ada pada ketahanan, ini yang sulit ditiru oleh kompetitor,” ujar Ivan.

Fotografer: Lilyanti

About Andri Darmawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight × 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>