Bright Award Indonesia, Ajang Apresiasi Iklan TV Berdasarkan Penilaian Pemirsa

CYMERA_20160205_094850Televisi masih efektif sebagai media periklanan. Meskipun dinilai konvensional ditambah lagi gempuran media digital, ternyata TV masih efektif sebagai sarana informasi dan hiburan. Data dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia menyebutkan dari sisi konsumsi media, 94% masyarakat Indonesia menjadikan TV sebagai media hiburan dan informasi utama, termasuk iklan. Bagi para advertiser, tentu saja hal ini menjadi insight yang menarik untuk mengukur efektivitas campaign dan iklan mereka yang ditayangkan di TV.

Melihat besarnya potensi TV, MNC Media memberikan apresiasi terhadap iklan TV yang komunikatif yakni Bright Award Indonesia. Kanti Mirdiati, Managing Director RCTI menegaskan meski sama-sama menjadi ajang pesta insan kreatif, positioning dari Bright Award Indonesia berbeda dengan Citra Pariwara.

“Citra Pariwara diselenggarakan oleh P3I, lebih sebagai kritikus untuk iklan. Sementara Bright Awards Indonesia 2016 dinilai berdasarkan pemirsa yang memang menjadi target audience iklan,” ujarnya dalam jumpa pers di Kantor Global TV.

Meski demikian ia tidak menampik adanya aspek-aspek dalam sebuah iklan yang juga menjadi penilaian. Sebut saja, elemen jingle iklan, tagline iklan, hingga model iklan yang kerap kali juga menjadi brand ambassador dari produk yang diiklankan. Semua penilaian tersebut dirumuskan menajdi 20 kategori yaitu Jingle Iklan, Tagline Iklan, Bintang Iklan Pria, Bintang Iklan Wanita, Bintang Iklan anak, Pasangan Bintang Iklan, Iklan Tema Drama, Iklan Lucu, dan Iklan Korporasi.

Penghargaan yang baru pertama kali diadakan ini melibatkan lembaga riset, Ray Morgan dan pemirsa langsung sebagai jurinya. Mekanisme penilaian untuk 20 kategori penghargaan dibagi dalam dua kelompok, yakni berdasarkan survei dan voting (lewat SMS serta social media Twitter).

“Untuk survei, kami melakukan face-to-face interview kepada 1.700 responden dengan usia responden 12-60 tahun, yang aktif menonton TV dalam satu bulan terakhir. Survei Ray Morgan dilakukan di 17 provinsi dengan total 47 kota besar dan kecil di seluruh Indonesia pada periode Januari hingga Desember 2015. Untuk survei itu,” imbuh Hari Martono, SVP Programming & Production GlobalTV.

Puncak Bright Award Indonesia 2016 ini adalah pengumuman pemenang pada malam penghargaan yang akan ditayangkan secara live di RCTI dan Global TV pada 8 Maret 2016 nanti.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.