Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Co-Branding Advan – Satria Garuda Bima X

Advan, produsen tablet dan smartphone lokal selalu punya cara untuk merangsang permintaan. Kali ini Advan melakukan co-branding dengan Satria Garuda Bima X. Co-branding ini melahirkan Tablet “Advan-Satria Heroes Bima X”. Satria Garuda Bima X merupakan serial televisi yang pernah ditayangkan RCTI tahun 2013 dan tahun 2015 lalu. Serial TV bergenre hero ini sangat digemari anak-anak.

co-branding advan

Strategi co-branding ini juga disandingkan dengan partisipasi Advan sebagai sponsor utama film layar berjudul “Satria Heroes Bima X Revenge of Darkness” yang rencananya bakal ditayangkan di bioskop-bioskop di Indonesia mulai April 2017 mendatang.

Tjandra Lianto Marketing Director Advan mengatakan, secara emosional kerja sama Advan – Satria Garuda Bima X diharapkan bisa menumbuhkan jiwa patriotisme kepada anak-anak sejak dini. “Dengan nilai-nilai patriotisme yang ditularkan dari serial televisi Satria Garuda Bima X, anak-anak Indonesia bisa lebih menghargai karya anak bangsa yang tidak kalah berkualitasnya dengan karya bangsa lain,” tuturnya

Kolaborasi kedua belah pihak memang mewakili dua kutub yang berbeda dari merek lokal. Advan mewakili merek lokal di industri teknologi informasi dan Satria Garuda Bima X mewakili merek lokal di industri hiburan. Keduanya memiliki semangat yang sama untuk memajukan merek lokal.

Tjandra menambahkan, pasar tablet di Indonesia sebenarnya sudah mengalami kejenuhan dalam beberapa tahun terakhir. Strategi ini diharapkan bisa mengerek permintaan tablet melalui merek Advan-Satria Heroes Bima X. “Dengan masuk ke komunitas Hero seperti ini, kita mengupayakan agar pasar kita bertumbuh terus,” tutur Tjandra yang diwawancarai usai peluncuran Advan-Satria Heroes Bima X, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (7/12)

Tjandra mengatakan, tahun ini Advan mengubah fokus strategi marketing. Kalau sebelumnya lebih fokus membangun branding, sekarang diarahkan ke hard selling untuk mendukung penjualan. “Sebesar 30% bujet yang sebelumnya digunakan untuk branding diarahkan untuk kegiatan yang sifatnya untuk mendukung langsung penjualan,” imbuh dia.

Sementara itu, Andy Gusena Brand Director Advan mengatakan, potensi pasar dari komunitas Satria Garuda Bima X sangat besar. Hal ini jika melihat jumlah orang yang sudah mengunduh aplikasi game Satria Garuda Bima X yang sekitar 6,7 juta.“Jika setengah saja dari jumlah tersebut membeli tablet Satria Garuda Bima X jumlahnya cukup besar,” tutur Andy.

Tablet Satria Garuda Bima X memiliki layar 7 inci. Tablet yang sudah mengadopsi teknologi 4G ini menggunakan sistem operasi Android 6.0 terbaru Marsmallow. Satria Garuda Bima X dibandrol Rp999 ribu per unit, cukup ramah untuk kocek semua segmen, terutama segmen menengah-bawah.

Tony Burhanudin

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top