Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

CV VS Resume: Kapan Harus Menggunakan yang Mana?

Berlawanan dengan pemahaman (yang salah) yang umum terjadi bahwa CV dan resume adalah dua istilah yang saling dipertukarkan untuk hal yang sama. Pada kenyataannya, keduanya adalah dua dokumen dengan struktur dan aplikasi konten yang berbeda.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa perusahaan meminta CV dan resume? Ya, tidak diragukan lagi karena memang keduanya adalah dokumen yang berbeda.

Kami telah menyusun panduan yang menyoroti perbedaan antara keduanya sehingga Anda akan tahu kapan menggunakannya di masa mendatang.

Perbedaan antara CV dengan resume

Curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan istilah CV merupakan istilah latin yang berarti “cerita kehidupan Anda”. CV adalah dokumen yang memberikan gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi dan prestasi seseorang, terutama hal-hal yang berhubungan dengan akademisi.

Dokumen ini juga bisa berisi informasi pribadi seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tanggal lahir, dan bahkan foto. CV ditulis sebagai template tanpa perubahan, kecuali jika ada kualifikasi atau pencapaian baru yang akan ditambahkan ke dalam daftar. CV biasanya berisi minimal 2 halaman tapi bisa jauh lebih banyak saat dimaksudkan untuk menjadi dokumen terperinci.

Sedangkan resume adalah ringkasan singkat mengenai keterampilan, kualifikasi, dan pendidikan seseorang. Hal ini sangat disesuaikan dengan aplikasi pekerjaan tertentu dan biasanya terbatas pada satu halaman karena sifatnya yang ringkas.

Mana yang harus digunakan?

CV digunakan terutama di Inggris, Irlandia, Eropa, dan Selandia Baru. Di negara-negara ini, resume tidak digunakan sama sekali. Resume adalah dokumen aplikasi pekerjaan standar yang digunakan di Amerika Serikat dan Kanada.

Di Australia, India, Afrika Selatan, dan sebagian besar negara Asia, keduanya digunakan. Meskipun demikian, resume lebih sering digunakan pada pekerjaan di sektor swasta sementara CV untuk posisi layanan publik. Singkatnya, perbedaan utama antara CV dan resume dapat dibagi menjadi 3 aspek sederhana:

  • Panjang dokumen: Resume adalah dokumen yang berisi satu halaman ringkas, sementara CV adalah catatan rinci tentang keseluruhan riwayat karir seseorang.
  • Tujuan dokumen: Resume dibuat untuk berfungsi sebagai iklan cepat dan terarah yang memberikan informasi tentang siapa individu di resume tersebut dan mengapa ia adalah orang yang terbaik untuk pekerjaan tersebut, sementara CV dibuat untuk memberikan gambaran mengenai kronologis yang mendalam tentang kehidupan karir seseorang.
  • Tata letak dokumen: Sementara CV hanya berubah seiring pencapaian Anda, pembuatan resume sangat disesuaikan untuk setiap pekerjaan. Dokumen ditulis secara khusus untuk memenuhi persyaratan iklan lowongan pekerjaan.

Itulah perbedaan mendasar antara CV dan resume. Tidak terlalu membingungkan, kan? (Jobstreetcom)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top