Dunia UKM

Dari Hobi, Smallbites Tembus Pasar Global

Saat ini para pemilik bisnis banyak yang memanfaatkan platform online sebagai alat untuk memasarkan merek dan menjangkau pelanggan. Website pun menjadi etalase toko untuk mengenalkan produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Salah satu hasil foto Rittar Rajagukguk

Salah satu hasil foto Rittar Rajagukguk

Smallbites yang menjual jasa layanan fotografi anak dan kehamilan merupakan salah satu di antara kisah sukes dari keberhasilan pemasaran dengan menggunakan platform online.

Rittar Rajagukguk tidak pernah membayangkan dirinya sebagai juru foto anak akan terkenal dan sukses seperti sekarang ini. Ketika suaminya yang seorang juru foto pernikahan sibuk dengan pekerjaannya, Rittar mulai memotret putranya untuk mengabadikan momen dari tahap dan pencapaian perkembangan anaknya.

Setelah itu, kegiatan tersebut berubah menjadi profesi karena mulai banyaknya orang yang menginginkan jasanya untuk mengabadikan momen terbaik mereka.

Melihat ada peluang, Rittar mulai serius menekuni dunia forografi dengan memutuskan bergabung dengan National Association of Professional Child Photographers (NAPCP) untuk menambah pengetahuan dan memperluas jaringan profesionalnya dengan fotografer anak lain dari penjuru dunia.

Lewat asosiasi tersebut Rittar banyak belajar, di antaranya adalah website dapat membantu menguatkan personal brand serta menunjukkan profesionalisme seseorang.

Pada tahun 2010, Rittar pun kemudian membuat sebuah website dengan nama www.smallbitesbyrittar.com untuk menampilkan semua hasil karyanya dalam berbagai macam kategori seperti fotografer kehamilan, new born baby, dan tumbuh kembang anak.

Rittar benar-benar memanfaatkan website yang dibuatnya itu sebagai saluran pemasaran utama. Dengan menampilkannya dalam website, calon pelanggan dapat melihat seluruh hasil karyanya serta memahami gaya fotografinya.

Rittar meyakini bahwa website telah memudahkan upaya pemasarannya, sehingga ia tak perlu bertemu langsung untuk mempresentasikan hasil karya-karyanya kepada calon pelanggan.

Website merupakan salah satu alat pemasaran paling efisien dan efektif yang dapat dimiliki bisnis. Menggunakan website memungkinkan saya menjangkau pelanggan yang lebih luas, tak hanya Indonesia tetapi lebih luas lagi,” kata Rittar.

Lewat website, saat ini pelanggan Rittar tak hanya dari berbagai kota besar di Indonesia, namun sudah sampai Singapura, Malaysia, Melbourne, dan Sidney.

Untuk membantu mengarahkan pengunjung ke website serta menampilkan hasil karyanya, Rittar menggunakan media sosial seperti Instagram.

Bagi Rittar, mengintegrasikan media sosial dengan website dapat menciptakan trafik organik, sehingga mampu menempatkan website miliknya itu pada halaman pertama mesin pencari. Kini dari usaha kerasnya tersebut, Rittar mengaku bisa meraih seratus juta rupiah setiap bulannya. (Verisign)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top