Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Destinasi (PDES) Ekspansi Ke Thailand Di Semester Kedua 2017

Dunia pariwisata Indonesia khususnya industri inbound yang menangani kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) masih terus menemukan momentum pertumbuhan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kunjungan wisman periode Januari hingga Mei 2017 sebesar 20% atau 5,3 juta wisman sesuai data BPS. Pada semester I 2017, PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk (IDX: PDES) berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 213 miliar rupiah, naik 10% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Wisatawan Mancanegara sedang mengunjungi Candi Prambanan dengan PDES

Secara makro, Asia Pasifik masih tetap menjadi motor pariwisata dunia dengan pertumbuhan 5,6% atau setara dengan 88,5 juta kedatangan dari luar Asia Pasifik pada kuartal I 2017. Pertumbuhan kenaikan wisman pada kuartal III 2017 diperkirakan akan memberi dampak positif sebagai puncak kedatangan wisman dari mancanegara ke Indonesia dan negara-negara tropis lainnya, seperti Thailand.

“Kami akan meningkatkan kapasitas operasional Perseroan melalui pembukaan cabang Thailand pada semester II ini, karena Thailand merupakan destinasi populer dengan kunjungan wisatawan hingga 32 juta orang pada 2016, dan kami ingin menancapkan kehadiran kami di Thailand sebagai tour operator regional” pungkas Renato Domini, Direktur Utama dan CEO PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk.

PDES saat ini tengah mempersiapkan pembukaan kantor operasional di Thailand, dan diharapkan dapat mulai berjalan semester II 2017. Demi menunjang pertumbuhan kinerja, PDES menganggarkan belanja modal sebesar 14,2 milyar rupiah untuk tahun 2017, salah satunya adalah untuk membuka cabang yang dapat mendukung pertumbuhan pendapatan. Dalam kaitan ini, PDES juga berencana mengakuisisi perusahaan berbasis di Singapura sebagai hub ekspansi di regional.

Pada semester I 2017 jumlah wisman yang ditangani juga mengalami peningkatan dari 65 ribu meningkat menjadi 87 ribu orang. Untuk meningkatkan pelayanan, PDES akan menambahkan armada kendaraan ukuran kecil dan medium untuk melayani permintaan wisman dalam grup-grup yang lebih eksklusif dan lebih kecil.

KINERJA PERSEROAN

Sepanjang semester I 2017 PDES mencatatkan kenaikan wisman sebesar 34,7% atau setara dengan 22,657 orang. Hal ini juga didorong oleh aktifitas country branding Wonderful Indonesia serta kinerja perseroan dalam membuka pasar dan meningkatkan kapasitas operasional. Perseroan menargetkan 180 ribu wisman untuk tahun 2017, memperkirakan pertumbuhan kenaikan pendapatan pada kuartal III 2017 sebesar 27% dibanding periode yang sama pada tahun 2016.

AKSI KORPORASI PERSEROAN

Sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham lalu, PDES telah melakukan pembagian dividen pada bulan Juli 2017 kepada para pemegang saham dengan total dividen senilai 25,2 milyar rupiah. Hal ini merupakan langkah perseroan dalam memberikan kepercayaan kepada pasar, bahwa perusahaan pariwisata patut dijadikan pilihan investasi.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top