Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Dukung Pengusaha Perempuan Melalui Inisiatif #SheMeansBusiness di Indonesia

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional 2017, Facebook kembali menegaskan komitmennya untuk menginspirasi dan memberdayakan pengusaha perempuan melalui inisiatif #SheMeansBusiness.

#SheMeansBusiness

#SheMeanBusiness sudah dihelat oleh Facebook sejak tahun lalu dan telah diluncurkan di 15 negara. Program ini memberikan pelatihan langsung untuk 8.000 pengusaha dan pelatihan online bagi 52.000 pengusaha di seluruh dunia.

Sebanyak 40% dari jumlah Page di Facebook dimiliki oleh perempuan. Page yang dimiliki kaum perempuan telah berkembang lebih dari 60% dari tahun ke tahun. Di Indonesia, jumlah Page UKM yang dimiliki oleh kaum perempuan di Facebook meningkat 167% antara tahun 2015 hingga 2016.

Tahun ini, #SheMeansBusiness merayakan keterhubungan yang lebih kuat antara sesama pebisnis perempuan. Facebook memberikan kesempatan kepada pengusaha perempuan untuk mulai berbicara, mengenal bisnis satu sama lain, dan mendorong mereka untuk berbagi lebih banyak hal. Wujudnya dengan memfasilitasi sesi Facebook Live antara para mentor dan peserta dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia, yang dimulai pada Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2017.

SMB Infographic-Taiwan ver2[2]

Para mentor yang bergabung dalam acara ini termasuk Geraldine Oetama, Executive Director Skystar Venture; Dayu Dara,VP di GOJEK dan Co-Founder GOLIFE; Ayang Cempaka, Creative Director di Ayang Cempaka; dan Jenahara, Creative Director di JENAHARA. Sri Widowati, ‎Country Director Indonesia – Facebook mengatakan, “Secara global, 65 juta bisnis menggunakan Facebook Page dan 5 juta bisnis menggunakan Profil Instagram Bisnis. Melalui #SheMeansBusiness dan dukungan dari para mitra kami, Facebook ingin membantu lebih banyak wanita dalam mewujudkan ide mereka menjadi bisnis yang sukses.”

Lebih lanjut ia mengemukakan bahwa dengan menciptakan sebuah lingkungan yang mendukung pengusaha perempuan, ke depannya kondisi finansial mereka akan menjadi lebih baik, begitu juga dengan komunitas di mana mereka tinggal.

Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, juga sangat mendukung upaya membantu pengusaha perempuan dengan berbagai perangkat untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kewirausahawan perempuan di Indonesia. Bahkan program Pahlawan Ekonomi di Surabaya merupakan salah satu mitra pertama dari Facebook #SheMeansBusiness, sejak peluncurannya tahun lalu.

#SheMeansBusiness

“Kami sangat mengapresiasi peranan Facebook dalam mendukung ratusan usaha kecil dan menengah yang berbasis komunitas wanita maupun usaha pemberdayaan keluarga melalui program Pahlawan Ekonomi di Surabaya. Dukungan yang diberikan oleh Facebook dalam bentuk workshop dan pelatihan telah berkontribusi secara signifikan dalam upaya mendorong perubahan orientasi bisnis dari ratusan ibu rumah tangga di Surabaya. Kami sangat berharap Facebook dapat bekerja sama dengan seluruh bagian ekosistem Pahlawan Ekonomi Surabaya untuk membangun sinergi serta mendatangkan kesejahteraan,” ungkap Risma.

Selain Pahlawan Ekonomi, Facebook juga telah berkolaborasi dengan IWAPI untuk #SheMeansBusiness. Tahun lalu, Facebook dan IWAPI mengumumkan #SheMeansBusiness pada Hari Kartini. Nita Yudi, Ketua IWAPI menyatakan, “IWAPI sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan Facebook. Terutama karena kampanye #SheMeansBusiness sejalan dengan tujuan IWAPI sejak tahun 2016, untuk terus bergerak maju dalam dunia digital dan meningkatkan kompetensi dari para anggota IWAPI untuk menjadi lebih percaya diri dalam memasarkan produk yang berkualitas ke dunia internasional, sehingga produknya dapat dipasarkan ke pasar global.”

Riset terbaru dari Facebook mengungkapkan bahwa 9 dari 10 perempuan di Indonesia ingin membangun bisnis mereka sendiri. Bayangkan jika setengah dari para perempuan ini merasa terdorong untuk membangun sebuah usaha kecil, hal tersebut akan memiliki dampak yang sangat besar bagi perekonomian. Pada akhir tahun 2021, mereka dapat menciptakan 3.836 juta bisnis baru dan 13.175 juta lapangan pekerjaan baru.

Wicaksono

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top