Portal Lengkap Dunia Marketing

Artikel Riset

E-COMMERCE DI INDONESIA Elektronik dan Komputer Masih Dominan

Beberapa tahun belakangan, perkembangan e-commerce di Indonesia terus meningkat. Pertumbuhan ini menyumbangkan kontribusi cukup besar dalam dunia pemasaran. Demikian laporan Spire Research & Consulting di penghujung 2006. Pada tahun 2006, jumlah transaksi melalui e-commerce di Indonesia hampir mencapai 700.000 transaksi—naik sekitar 90% dari tahun 2001. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan yang mulai memasarkan produk-produk mereka dengan sistem online seperti Bhinneka yang sukses menjual produk IT, Electronic City yang menjual produk elektronik, dan Gramedia CyberStore yang menjual berbagai macam jenis buku—baik dengan cara online maupun offline.

Dunia maya ini juga diramaikan oleh pelaku bisnis baru yang melebarkan sayapnya dengan menggunakan jalur penjualan online di Indonesia, misalnya GlodokShop, FastnCheap, dan Gudang Voucher. Mereka umumnya tidak memiliki outlet, hanya mengandalkan dunia internet dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Lebih lanjut, laporan ini mengemukakan bahwa beberapa jenis produk yang sudah dipasarkan di internet adalah elektronik, komputer, paket travel, buku, ponsel serta aksesorisnya, software, dan florist. Hampir 75% dari total pasar e-Commerce di Indonesia dikuasai oleh segmen elektronik dan komputer.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, industri e-Commerce telah cukup memperlihatkan kesuksesan dengan pertumbuhan transaksi sekitar 60% per tahun, diikuti dengan peningkatan nilai transaksi hingga 56% per tahun.

Namun jika dibandingkan dengan e-Commerce di Amerika Serikat; Amazon.com, salah satu pelaku bisnis online ternama, memiliki penjualan hampir 186 kali lebih besar dibandingkan di Indonesia. Hal ini disebabkan cara pembayaran e-Commerce di Indonesia masih sangat terbatas pada transfer antarbank dan cash on delivery/COD (barang dibayar pada saat pengiriman). Umumnya pembayaran melalui COD hanya terbatas bagi pelanggan di Jakarta saja. Sedangkan transfer antarbank adalah proses yang paling aman di Indonesia serta bisa dilakukan melalui ATM, internet banking, dan mobile banking.

Satu yang kadang terlupakan oleh pelaku e-Commerce kita ialah pasar yang bakal diraih bukanlah hanya domestik, tapi juga dari seluruh dunia. Karena itu, sebaiknya setiap web site dibuat dalam dua versi—tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia, namun juga dibuat versi dalam bahasa Inggris. Kendati demikian, melihat  perkembangan bisnis online yang begitu signifikan, bukan tidak mungkin e-commerce akan menjelma menjadi salah satu bagian yang penting dari perdagangan di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top