Layanan Inovatif Bandara Changi, Check-in Penumpang Lebih Cepat

Picture - FAST Check-in KioskPenumpang yang berangkat dari Bandara Changi di Terminal 2, saat ini akan mendapatkan pelayanan check-in yang lebih cepat dan fleksibel dengan Fast and Seamless Travel (FAST) yang disediakan oleh Changi Airport Group (CAG). Layanan baru tersebut hasil kerja sama Singapore Airlines dengan SilkAir.

Dengan layanan baru tersebut, penumpang yang bepergian menggunakan Singapore Airlines dan SilkAir dari Terminal 2 dapat menggunakan salah satu dari 24 kios check-in yang telah tersedia. Selanjutnya, 24 kios lainnya akan segera diluncurkan di Terminal 3 untuk dapat diakses oleh para penumpang.

FAST check-in memiliki dua langkah sederhana bagi penumpang yang check-in dengan bagasi. Pertama, mereka akan memperoleh tiket pesawat dan label bagasi setelah melakukan check-in di kios otomatis.

Setelah itu, mereka diharapkan untuk memasang label bagasi tersebut pada bagasi mereka, lalu penumpang dapat meletakkan bagasi mereka di konter peletakan bagasi yang tersedia. Instruksi lengkap dapat dilihat melalui video yang disediakan di bandara, tanda-tanda petunjuk atau staf yang siap untuk memandu penumpang dalam melakukan proses ini.

Penumpang dengan bagasi kabin dapat mencetak tiket pesawat mereka di kios dan langsung menuju imigrasi keberangkatan.

Alternatif lainnya, untuk penumpang yang telah melakukan check-in secara online atau melalui handphone, dapat langsung menuju imigrasi keberangkatan dengan tiket pesawat yang telah dicetak terlebih dahulu atau tiket pesawat yang terdapat di handphone – biasanya, ditawarkan untuk perjalanan tertentu.

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh CAG sebelumnya, 97% dari penumpang yang yang mengisi survei tersebut mengatakan bahwa mereka sangat puas dengan  layanan FAST check-in dan akan mempertimbangkan untuk memakainya kembali.

Tahapan FAST check-in – termasuk mencetak tiket pesawat, label bagasi lalu proses pemasangan label bagasi dan peletakan bagasi – dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit.

Waktu yang dihabiskan untuk melakukan proses ini diharapkan akan menurun karena penumpang akan sudah lebih terbiasa dengan proses tersebut, mengingat meningkatnya opsi check-in otomatis yang tersedia di bandara di seluruh dunia.

Selain memberikan penumpang pengalaman check-in yang lebih cepat dan fleksibel, check-in otomatis ini akan membantu meningkatkan  efisiensi dan produktivitas operasional check-in, sehingga biaya maskapai akan lebih hemat.

Jayson Goh, Senior Vice President CAG untuk Manajemen Operasi Bandara dalam press release, mengatakan,  penerapan inisiatif FAST ini sejalan dengan insiatif global dalam memberikan opsi self-service di bandara-bandara di dunia untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, yang pada saat bersamaan memberikan penumpang fleksibilitas dan kenyamanan yang lebih tinggi.

Editor Putri Sekar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.