Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Fintech: Menuju Era Financial Literacy

Sebagai perpaduan antara kemajuan teknologi informasi dan finansial, fintech (financial technology) memang bukan hal yang baru lagi. Seiring waktu berjalan, perkembangan dan pertumbuhan teknologi finansial terlihat semakin pesat dan serius digarap oleh banyak pihak di berbagai negara.

financial literacy

Fintech hadir sebagai teknologi yang mempermudah segala urusan finansial. Jangkauannya pun semakin luas dan melibatkan semakin banyak pihak seperti perusahaan teknologi, bank, institusi, ecommerce, start-up, telekomunikasi, sampai pemerintah. Cakupannya bukan hanya diperuntukkan bagi kota-kota besar, tapi justru supaya semakin banyak masyarakat yang tadinya tak tersentuh layanan finansial jadi bisa ikut menikmatinya.

Dalam eksekusinya, semua pemain yang berkecimpung dalam industri ini diharap bukan untuk saling bersaing, tapi lebih untuk saling berkolaborasi dan saling melengkapi. Ini karena fintech harus dijalankan dengan standarisasi yang saling terkoneksi, plus memperhitungkan faktor regulasi dan keamanan dalam setiap transaksi. Fintech diharapkan bukan hanya sebagai cikal bakal, tapi juga pendorong utama menuju era cashless society yang “melek” finansial.

Tren fintech tak hanya mengubah bagaimana pergerakan uang dari satu individu ke pihak lain, tapi juga memberikan solusi yang pada akhirnya bisa menciptakan suatu “mata uang global” sehingga setiap transaksi finansial bisa dilakukan secara lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, fintech baru bisa berjalan baik jika semua pihak saling bekerja sama dengan standar dan regulasi yang jelas.

Berbagai Peran Fintech

Fintech harus bisa mengedukasi konsumen supaya mampu membuat keputusan keuangan yang lebih smart. Perusahaan dan bank yang terlibat diharapkan tidak lagi menawarkan kredit yang berakhir dengan kondisi “macet” di pihak konsumen, atau memberikan penawaran kartu kredit bersifat masif dan mudah (bahkan gratis), yang kesannya hanya menciptakan habit buruk di pihak konsumen dalam menggunakan uangnya.

Dengan demikian, masa depan fintech harus lebih tertumpu pada edukasi supaya konsumen bisa lebih “melek” secara finansial dan mampu memanfaatkan segala peluang investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Perusahaan seperti PlanWise dan NerdWallet memberikan layanan yang bisa mengedukasi konsumen tentang bagaimana mengevaluasi kondisi finansial, sekaligus menawarkan solusi keuangan. Ini bermanfaat terutama bagi para konsumen muda yang masih perlu waktu panjang untuk mengatur kondisi keuangannya.

financial literacy

Ada juga perusahaan seperti Trulioo berusaha untuk menawarkan solusi supaya institusi dan perusahaan finansial bisa memanfaatkan perangkat lunaknya secara lebih aman dan terarah dalam melakukan segala proses transaksi. Bahkan untuk bank dan perusahaan fintech besar pun, masalah pencurian identitas dan penipuan terus menghantui dan menjadi tantangan besar ke depannya nanti. Perusahaan fintech Kanada, Trulioo, yang berbasis di Vancover British Columbia menawarkan layanan verifikasi identitas bagi bisnis-bisnis seluruh dunia yang menggunakan baik database pribadi maupun pemerintah.

Tak terkecuali dalam industri jual-beli online (ecommerce), konsumen juga sangat menyadari akan adanya risiko pencurian identitas dan penipuan. Selain itu konsumen juga terus mencari experience baru dalam berbelanja online supaya mereka bisa melakukan transaksi yang lebih cepat, aman, dan nyaman. Pasar e-commerce tentu diharapkan akan terus bertumbuh ketika semakin banyak orang mempunyai akses online.

Dalam hal ini ada contoh perusahaan seperti Stripe muncul untuk membantu menyederhanakan sekaligus mengamankan sistem pembayaran online dan transaksi ritel online baik untuk penjual maupun pembeli. Stripe juga berusaha menciptakan experience yang lebih aman dan nyaman ketika mereka berbelanja online. Ada juga perusahaan seperti WePay sebagai penyedia layanan pembayaran online di Amerika Serikat yang menyediakan API sebagai platform untuk bisnis-bisnis seperti situs crowdfunding dan marketplace.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top