Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Garap Minat Anak Muda dengan Produk Kustom

Segmen muda cenderung menginginkan barang yang unik dan tak pasaran. Alhasil, pelaku bisnis dituntut untuk lebih memahami minat dan kebiasaan mereka. 

iwearzule

Kalangan muda merupakan salah satu segmen pasar yang sangat menarik bagi dunia bisnis, termasuk bagi pebisnis fashion daring. Pasalnya, segmen muda memiliki populasi yang besar dan mereka mudah tergoda untuk membelanjakan uangnya. Apalagi mereka akrab sekali dengan gadget sehingga tertarik pada pebisnis yang sangat melek dunia digital.

Meski punya peluang besar, segmen ini gampang-gampang susah untuk didekati dan digarap. Sejatinya pelaku bisnis dapat menggaet segmen muda menjadi pelanggan asalkan sesuai dengan minat dan kebiasaan mereka. Minat terhadap barang kustom misalnya, belakangan mulai dibidik sebagian pelaku bisnis fashion berbasis teknologi digital dengan merilis situs-situs khusus produk kustom.

Salah satu e-commerce yang memanfaatkan peluang tersebut adalah Iwearzule.com. Situs yang membidik segmen pria usia 18−30 tahun, baik mahasiswa maupun pekerja muda ini menawarkan produk fashion seperti celana chino, jeans, jogger sweatpants. Sementara untuk atasan terdapat jaket, kemeja, dan kaos yang totalnya lebih dari 150 desain.

iwearzule

Founder & CEO Iwearzule Mukh. Zulqarnain Agus Rosano, mengatakan bisnis daringnya terus dikembangkan ke lini produk fashion lain seperti tas, sepatu, dan aksesori, lataran situs ini bertujuan menjadi wadah konsumen muda untuk mendapatkan semua kebutuhan fashion mereka. “Iwearzule adalah penyedia segala jenis pakaian bagi anak muda yang peduli akan penampilan dan ingin menjadi diri sendiri,” ujar dia.

Zulqarnain yang akrab disapa Zul mengaku ide bisnisnya berasal dari pengalaman pribadi karena susah mencari pakaian yang pas dengan selera dan karakter. Dari latar belakang masalah tersebut, ia mendirikan e-commerce custom clothing, dimana konsumen bebas memilih desain yang disukai sesuai dengan selera mereka.

Yang paling penting konsumen bisa mendapatkan pakaian yang benar-benar fit dengan tubuh mereka. Dengan adanya lebih dari 5.000 kombinasi model dan warna yang disediakan oleh Iwearzule, pembeli dapat mengkustom busananya agar tampil berbeda dan eksklusif.

Sejak diperkenalkan tahun 2012 lalu, Iwearzule mengembangkan model layanan online web store yang memungkinkan konsumen melakukan kustom pakaian. “Melalui user interface, konsumen dapat melihat langsung preview pakaian yang mereka pesan baik dari desain, warna, dan ukuran,” jelas Zul.

Lantaran menyasar segmen muda, soal harga Zul menyebutkan produk kustom yang dipasarkan Iwearzule masih tergolong ramah di kantong mereka, dibanderol dengan kisaran harga mulai Rp280.000 hingga Rp314.000. Namun, konsumen bisa mendapatkan pakaian eksklusif yang diproduksi unik sesuai karakter berpakaian mereka. 

Manfaatkan Media Sosial

Kendati pasarnya tidak terlalu besar, minat akan produk kustom tidak pernah habis dan terus menarik kalangan muda. Apalagi berbelanja barang kustom selalu memberi kepuasan tersendiri lantaran dapat memilih barang yang diinginkan dan mendesain sesuai kreativitas sendiri, sehingga barang jadi unik dan tak pasaran.

Ini terlihat dari e-commerce Iwearzule yang mampu menarik sekitar 2.000−3.000 pengunjung per hari, dan mendapatkan 100−200 pengguna baru yang mendaftar setiap harinya. “Saat ini pengunjung situs kami berasal dari seluruh Indonesia. Tapi, kalau dilihat perbandingannya hampir 40% pengguna berada di Jabodetabek,” sebut Zul.

Saat ini Iwearzule sanggup memproduksi (menjahit) ribuan pesanan online dari berbagai kota besar di Indonesia, bahkan ada beberapa pesanan datang dari luar negeri. Menariknya, startup yang telah mendapatkan seed investment dari personal angel investor sebesar Rp1,5 miliar pada tahun 2015 ini konsisten memberi pendampingan kepada penjahit lokal yang tergabung dalam perusahaannya.

“Kami ingin Iwearzule menjadi platform di mana desainer, penjahit, dan konsumen bertemu, sekaligus berkembang menjadi e-commerce yang memberikan layanan one stop solution. Demi mewujudkannya, kami akan fokus ke pengembangan teknologi untuk memudahkan konsumen dan membangun sistem produksi di seluruh Indonesia,” jelasnya.

iwearzule

Guna menjaga kepuasan pelanggan, Zul mengklaim selalu mengutamakan kualitas produk dan respons yang cepat; mulai dari pemilihan material hingga proses penjahitan dipantau dengan jeli. Produk yang dipesan akan diproses dan dikirim dalam 2−6 hari kerja, bahkan diberikan garansi uang kembali apabila produk tidak sesuai pesanan.

Dalam menggarap pasar anak muda di dunia maya, Zul pilih memanfaatkan social media ads karena segmen ini termasuk sosialita yang memanfaatkan platform media sosial dalam beraktivitas. Lewat media sosial ia mengajak dan mengedukasi konsumen akan manfaat dan keuntungan membeli produk kustom melalui kampanye “Be Yourself”.

“Kampanye ini mengajak konsumen muda untuk lebih kreatif dan berbusana sesuai keinginannya, serta berani menjadi diri sendiri. Tidak mengikuti orang lain agar terlihat keren atau kekinian,” pungkas Zul.

Moh. Agus Mahribi

MM.04.2017/W

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top