Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara 2017

Kekayaan dan keberagaman budaya yang di miliki Indonesia adalah sebuah anugerah. Hal inilah yang membuat Tanah air tercinta kita ini memiliki banyak objek wisata yang menarik terbentang dari Sabang sampai Merauke. Objek wisata menjadi daya tarik bagi wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri untuk datang berkunjung ke Indonesia.

Objek wisata seperti Pantai Kuta, Taman Nasional Komodo, Candi Borobudur, Raja Ampat dan Bunaken adalah destinasi wisata yang sudah dikenal dan sering dkunjungi oleh wisatawan. Namun sebenarnya masih banyak tempat-tempat atau daerah-daerah di Indonesia yang mempunyai potensi menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik.

wicak001

Potensi yang dimiliki suatu daerah terkadang tidak terlihat karena tidak mendapatkan eksposure yang besar. Dan juga karena kendala dana yang mengakibatkan tidak maksimalnya konsep yang dibentuk untuk daerah tersebut menjadi objek wisata.

Pemerintah melihat dengan jeli kendala yang dihadapi daerah-daerah tersebut dan memberikan kesempatan untuk daerah tersebut unjuk gigi memamerkan potensi yang dmilikinya. Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara  (GWBN) adalah salah satu cara dari pemerintah untuk mengangkat daerah-daerah di seluruh Indonesia memasarkan keragaman seperti objek wisata dan produk asli daerah mereka.

gebyar wisata dan budaya nusantara 2017

GWBN adalah sebuah event atau pameran terbesar yang khusus mempromosikan objek wisata dalam negeri. Event ini sudah diselenggarakan sejak 2003 dan mendapat dukungan 100% dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

gebyar wisata dan budaya nusantara 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut event ini dengan senang. Ia bertambah senang pasalnya Divisi Pemasaran Nusantara ikut menjual 10 destinasi prioritas di GWBN. Pesona 10 destinasi itu diyakini dapat menjadi magnet pariwisata baru yang dapat menyaingi kepopuleran Bali di mata dunia internasional.“Silakan cari destinasi-destinasi Indonesia yang keren di sana. Pilih paket perjanan yang diinginkan, termasuk 10 destinasi prioritas.  Saya jamin, Anda akan happy,” katanya.

gebyar wisata dan budaya nusantara 2017

GWBN 2017 diadakan di di Hall A, Jakarta Convention Center pada 11-14 Mei 2017. Event ini diikuti oleh 79 dinas pariwisata Povinsi, Kota dan Kabupaten serta berbagai perusahaan swasta, hotel, dan resort. Para peserta pameran akan memamerkan sekitar 500 objek wisata yang terbagi menjadi 4 kategori:

  1. Wisata alam. Meliputi wisata puncak dan kawah gunung, hutan, Taman Nasional, Air terjun, Goa, Kebun The, Kebun Buah dan Sayur, Alam pedesaan, Pantai, Hutan Bakau, Taman Laut.
  2. Wisata Keluarga. Meliputi Kebun Raya, Taman Satwa, Taman Wisata Bermain.
  3. Wisata Kota. Meliputi Pasar Seni, Museum, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan, Monumen dll.
  4. Wisata Budaya. Meliputi Candi, Festival Musik dan Tari, Karnaval, Pertunjukkan Seni Daerah.

gebyar wisata dan budaya nusantara 2017

GWBN 2017 diselenggarakan bersamaan dengan pameran Inasport 2017, AgroFood Expo 2017 dan Indonesia Natural Products Expo 2017.

gebyar wisata dan budaya nusantara 2017

Penyelengaraan GWBN 2017 sangat penting bagi kedua belah pihak baik peserta dan calon wisatawan karena mereka dapat langsung saling bertemu untuk bekerjasama mempromosikan objek wisata. Untuk target pengunjung dari panitia penyelenggara, GWBN 2017 ini bisa lebih baik dari dari tahun sebelumnya 2016 yang dikunjungi sekitar 25.000 calon wisatawan dan tahun targetnya GWBN bisa dikunjungi oleh 30.000 calon wisatawan.

Wicaksono

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top