Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Genap Satu Tahun, Flock Tumbuh 10 Kali Lipat

Setelah mendapat investasi tahap awal dari perusahaan ventura lokal East Ventures di Agustus 2016 lalu, Flock-Agensi kreatif asal Jakarta genap menginjak usia satu tahun. Di tahun pertamanya ini, Ivan Hadi Wibowo, CEO dan Creative Chariman Flock mengungkapkan saat ini perusahaan naungannya telah tumbuh 10 kali lipat. Hal ini terlihat dari kerjasama dengan klien-klien raksasa seperti Tokopedia dan Djarum-dua perusahaan yang termasuk dalam 10 perusahaan dengan jumlah investasi terbesar pada iklan di Indonesia.

flock agensi

“Secara keseluruhan, kami sedang melayani 16 klien. Dua klien terbesar kami, Tokopedia dan Djarum, berkontribusi pada 40% pendapatan kami tahun lalu. Kami sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan dan akan terus mempertahankan kualitas pelayanan terhadap kedua perusahaan ini, sembari mereplikasi sukses ini pada klien lainnya”, papar Ivan.

Lebih lanjut lagi ia menjelaskan, faktor pemicu pertumbuhan pesat tersebut adalah strategi periklanan menyeluruh.  Flock mengkombinasikan solusi marketing above-the-line dan below-the-line serta fokus dalam membawa pelayanan 360 derajat secara komplit, mulai dari  strategi storytelling, influencer, hingga teknologi dan pembuatan konten. Disisi lain, pasar periklanan tanah air sangat potensial dan membukukan pertumbuhan tercepat di seluruh wilayah Asia Pasifik. Laporan dari eMarketer dan IAB Singapore mencatat total belanja iklan yang dikeluarkan hingga akhir tahun 2017 diperkirakan mencapai angka 2,8 miliar dollar Amerika (Rp37,3 triliun).

Untuk membangun pengalaman brand yang mulus, Flock memiliki 3 subsider di bawah payungnya yakni Maleo, Kokako dan OU Design. Maleo merupakan agensi media sosial dan digital dari Flock. Kokako merupakan production house yang mengurus konten, sedangkan OU Design merupakan agensi branding miliknya.

flock agensi

Menurut Ivan, pertumbuhan keempat agensi ini sangatlah cepat. Dalam kurang dari satu tahun, keluarga Flock telah tumbuh dari 4 orang menjadi tim bineka yang berjumlah 42 orang. Flock juga sedang melakukan rekrutmen dengan agresif agar tidak ketinggalan dengan pertumbuhan pasar saat ini.  “Permintaan terhadap konten digital tengah meningkat pesat. Semua brand ingin menciptakan konten paling bagus dan engaging, namun banyak yang mengalami tantangan dan hambatan dalam prosesnya karena kebanyakan platform pembuatan konten bersifat berbasis proyek. Inilah letak peran penting Flock. Model usaha dan cara kerja kami memang ditujukan untuk melayani klien dari end-to-end. Keempat subsider kami pun tengah dalam proses memburu proyek sendiri secara kontinu. Inilah yang menjadikan kami agensi independen dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia,” pungkas Ivan.

Angelina Merlyana Ladjar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top