Artikel Riset

Jumlah Pengguna Ponsel di Indonesia

Di era informasi ini, alat komunikasi bergerak tidak lagi dikategorikan sebagai barang mewah. Hal itu terbukti dari meningkatnya jumlah pemilik dan pengguna ponsel, secara nasional maupun internasional. Hasil riset yang dilakukan Nielsen Media Research mengungkapkan pertumbuhan jumlah pengguna ponsel yang cukup tinggi di Indonesia, khususnya di kota-kota besar.

Meski secara nasional pertumbuhannya melebihi telepon rumah, namun di negara lain di Asia, kepemilikan ponsel hanya menunjukkan pertumbuhan yang stabil, sementara pertumbuhan telepon biasa justru melambat bahkan menurun.

Survei yang dilakukan pada sebelas area ini meliputi Jakarta, Botabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Gerbangkertasila, Medan, Makassar, Yogyakarta, Palembang dan Denpasar, dengan karakteristik usia responden 10+ dan berbasis rumah tangga.

Jika dilihat secara tren, terlihat kenaikan jumlah pengguna ponsel di Indonesia yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini bisa saja disebabkan oleh masih luasnya pasar ponsel yang belum tergarap oleh para produsen dan operator ponsel di Indonesia, terutama untuk kota-kota kecil yang masih terhambat oleh terbatasnya cakupan wilayah transmisi. Sedangkan untuk telepon rumah, pertumbuhannya terbilang stabil, bahkan cenderung menurun jika dilihat secara regional (Filipina, Malaysia, dan Thailand).

Survei dari Nielsen Media Research tadi, juga di dukung oleh hasil riset yang dilakukan oleh SurveyOne. Temuan SurveyOne menunjukkan peningkatan pesat atas jumlah nomor telepon seluler di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top