Ini Dia Kunci Membangun Strategi Media Sosial Jitu

Marketing.co.id– Media sosial adalah sarana di mana kita bisa belajar mendengarkan dan menciptakan hubungan. Media sosial memberikan kita kemampuan untuk:

  • Belajar mendengarkan pelanggan dan calon pelanggan.
  • Mempelajari apa yang mereka inginkan, apa yang mereka cari, dan bagaimana kita bisa membantu mereka.
  • Membangun hubungan, karena mereka tidak ingin membeli dari orang yang sekadar mereka kenal, tapi yang juga mereka sukai.

Kita menggunakan media sosial untuk membangun hubungan otentik dan pribadi, sebagai imbalannya mereka akan membantu pertumbuhan bisnis kita melalu koneksi mereka. Berikut lima langkah strategi media sosial:

Langkah 1 – Konten

Konten merupakan dasar dari pemasaran media sosial yang mampu meninggalkan kesan lebih lama dari apapun. Konten akan melibatkan target audiens dan mendorong tindakan yang menguntungkan bagi bisnis.

Langkah 2 – RSS (Real Simple Syndication)

RSS akan membantu Anda menemukan topik baru dan juga memberikan informasi untuk berbagi dengan jaringan Anda. Salah satu RSS reader yang umum digunakan adalah Google Reader.

Langkah 3 – Social Search

Selama beberapa tahun tarakhir, social search semakin popular dan penting. Social search adalah integrasi dari grafik sosial Anda dalam daftar pencarian publik. Apa yang Anda katakan dan orang lain katakan tentang bisnis Anda di jejaring sosial akan tercantum. Social search tidak hanya dapat Anda gunakan untuk memancing percakapan, tapi juga membantu dalam mengelola reputasi Anda.

Langkah 4 – Social Bookmarking

Dengan social bookmarking, Anda akan mendapatkan informasi yang menarik untuk dibagi dengan komunitas social bookmark Anda.

Berpartisipasi dalam komunitas social bookmark adalah cara yang bagus untuk membuka lebih banyak saluran bisnis dan mengarahkan lalu lintas pencarian.

Beberapa situs social bookmarking yang terkenal antara lain Delicious.com, Faves.com, dan Diigo.com.

Langkah 5 – Jaringan Sosial (social network)

Strategi media sosial harus meliputi social network. Untuk memanfaatkan keuntungan dari prospek potensial ini mungkin Anda dapat menemukannya di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google+.

Social network membutuhkan waktu untuk memahami dan mengembangkan konten serta ide-ide baru. Intinya, social network harus bekerja untuk mengembangkan bisnis Anda, bukan hanya menghabiskan waktu Anda.

Social network sangat bermanfaat bagi bisnis, tapi tanpa konten yang menarik dan keterlibatan, maka jaringan ini tidak akan menghasilkan apa-apa.

Media sosial memang memiliki nilai, asalkan Anda bersedia untuk:

  • Mengikuti langkah pemasaran media sosial dan berinvestasi dalam setiap langkahnya.
  • Mengembangkan strategi yang jelas dan ringkas.
  • Berkomitmen
  • Konsisten
  • Menetapkan standar untuk mengukur apa yang bekerja dan tidak – ini akan membantu dalam menemukan keberhasilan pemasaran media sosial.

Pemasaran menggunakan media sosial tetap membutuhkan kerja keras! Berinvestasilah di dalamnya, Anda tidak akan menyesal. (about.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.