Portal Lengkap Dunia Marketing

                                                                                                               
News & Event

Berikut Merek Ternama Pilihan Gen Y Indonesia Tahun 2016

Berdasarkan hasil survei ASIAWIDE terhadap GEN Y Indonesia,  Brand Alliance mengumumkan nama – nama brand populer pilihan Gen Y Indonesia

Melalui Influential Brands®, Brand Alliance mengumumkan nama – nama brand populer pilihan Gen Y  (didefinisikan sebagai 21-31 tahun)  Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari riset pasar Asiawide  yang dilakukan di 5 negara, antara lain: Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Cina.

Dalam menentukan merek produk ternama tersebut, dilakukan survei secara langsung dan via online dalam bahasa nasional masing-masing negara.

Terdapat lebih dari 50 kategori produk, antara lain: makanan dan minuman (F&B),Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), elektronik, kecantikan dan kesehatan, termasuk juga pasar online.

Dalam menentukan merek produk ternama Asia, Brand Alliance perlu mempelajari dan menganalisis lebih dari 6.000 komentar konsumen Gen Y dari 5 negara di atas, serta hanya diambil 5 merek produk ternama dari masing-masing negara tersebut.

Jika dibandingkan dengan Gen Y dari negara lain di Asia, merek produk ternama pilihan Gen Y di Indonesia memamerkan kualitas dasar dan menempatkan tagline sebagai cara untuk menarik pembeli.

Berbeda dengan Gen Y di Tiongkok yang lebih memamerkan dan mengejar gaya hidup melalui merek produk yang dipilihnya, seperti merek produk impor dan mahal.  Oleh karena itu, Gen Y di Tiongkok cenderung mempertimbangkan produk bermerek dan tampilan kemasan sebagai ekstensi penting dari identitas diri.

Mirip dengan Gen Y di Malaysia, Gen Y di Indonesia menempatkan nilai dan kualitas produk hampir setara dengan produk-produk bermerek (impor dan mahal).

Dengan demikian, mereka biasanya tidak terlalu memikirkan negara asal  merek produk terpilih itu dibuat.

Bahkan, telah berkembang juga merek-merek lokal Indonesia yang berkualitas dan signifikan mendukung gaya hidup sebagian besar responden.

Tren ini konsisten tercermin dalam seleksi Gen Y di Indonesia pada beberapa kategori yaitu online dan eceran, terutama untuk produk sekali pakai, misalnya: kopi, susu, cokelat, dan biskuit.

Arnold Japutra, Dosen Jurusan Manajemen Universitas Tarumanagara menyatakan, berdasarkan hasil survei, Gen Y di Indonesia memilih produk dengan merek internasional dan nasional.

Pilihan ini sangat dipengaruhi oleh kategori produk tersebut misalnya  pada beberapa kategori – mobil, ponsel, laptop, dan lainnya di mana tidak ada atau hanya sedikit yang memilih buatan Indonesia, mereka lebih memilih merek internasional.

Namun, untuk beberapa kategori lainnya seperti vitamin, bank, susu, dan lainnya mereka masih lebih suka merek nasional.

Hal ini didasari oleh 3 alasan, antara lain: Merek sudah akrab ditelinga mereka, kejelasan legalitas atau sertifikasi, dan etnosentrisme.

Sebagian besar dari mereka telah menggunakan atau membeli merek ini sejak masih kecil. Namun demikian, harus dicatat juga bahwa aksesibilitas dan ketersediaan merek nasional juga memainkan peran penting.

Berikut merek ternama pilihan Gen Y Indonesia tahun 2016

merek-merek pilihan gen y indonesia 2016

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top