Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Integrasi Industri Timah, Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) memperkuat komitmen sebagai bursa berjangka yang menyediakan platform perdagangan komoditi unggulan. Salah satu bentuk komitmen dan kontribusi ICDX terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, yakni melalui pembentukan harga timah yang lebih baik melalui pasar fisik.

industri timah

Melalui anak usaha PT ICDX Logistik Berikat – ILB akan beroperasi pada tahun 2017 sebagai Pusat Logistik Berikat – PLB untuk tujuan ekspor. ILB memilih Pangkal Pinang – Provinsi Bangka Belitung, sebagai langkah awal sentra produksi terbesar komoditi timah. Beroperasinya ILB tersebut seiring dengan keluarnya Peraturan Dirjen Bea Cukai, Kementerian Keuangan tentang PLB Ekspor pada 13 Juni 2017 lalu.

Dorothea Sigit, Kepala Seksi Fasilitas Kepabeanan, Dirjen Bea Cukai, Kementerian Keuangan mengatakan, pasca keluarnya Perdirjen Bea Cukai untuk PLB ekspor, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi – baik di kalangan instansi pemerintahan maupun dunia usaha. “Peraturan ini sangat ditunggu karena akan membuat daya saing komoditi ekspor Indonesia semakin tinggi di mancanegara,” kata dia.

Dimana kebijakan tersebut akan meningkatkan kepercayaan pengusaha asing dalam perdagangan komoditi melalui PLB ekspor. Di sisi lain, ini akan bermanfaat bagi produsen untuk memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan, sebelum komoditi tersebut diekspor.

Selain itu, tujuan dari kebijakan ini untuk menciptakan pasar timah yang terorganisir, adil, dan transparan di dalam negeri. “Di samping itu, akan tercipta acuan harga timah di dalam negeri dan dapat mendorong berkembangnya industri hilir timah. Selama ini hampir 90% produksi timah diekspor ke berbagai negara,” papar Bachrul Chairi, Kepala Bappebti, Kementerian Perdagangan.

Dia menambahkan, dengan adanya acuan harga timah di dalam negeri maka pemerintah dapat menggunakannya sebagai variabel dalam pengambilan keputusan maupun perhitungan royalti timah ekspor. “Pasar fisik timah untuk penyerahan kemudian – forward market sangat berpotensi sebagai sumber pembiayaan produsen – smelter timah,” tegas Bachrul.

Tin Conference

ICDX akan menyelenggarakan Indonesia Tin Conference and Exhibition – ITCE yang keempat pada 27-29 Agustus 2017 di Bali. Dengan mengusung tema “Tin Beyond Boundaries; Integrating the Tin Industry for Sustainable Economic Growth” akan menghadirkan para narasumber yang berkompeten serta dihadiri sejumlah peserta dari mancanegara baik yang sudah menjadi buyer anggota ICDX maupun calon buyer timah.

Lamon Rutten, CEO ICDX menuturkan, pemilihan tema yang diusung kali ini sangat beralasan. Dimana, pemerintah saat ini fokus pada program peningkatan utilitas Pusat Logistik Berikat – PLB baik untuk impor maupun tujuan ekspor komoditi unggulan Indonesia.

“ICDX melalui anak usaha ILB, sangat berkomitmen menghadirkan infrastruktur yang efisien dan didukung oleh sistem logistik modern. Sehingga, posisi Indonesia sebagai penentu harga timah dunia semakin kuat dan terintegrasi dengan pasar keuangan global. ILB tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan timah, tetapi dapat menjadi role model dan etalase dari berbagai komoditi ekspor lainnya seperti CPO dan karet,” kata Lamon.

Fisamawati

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top