News & Event

Iruna, “e-Logistics” Pertama di Indonesia

Marketingcoid – Menurut Kominfo, pada 2020 pasar e-commerce Indonesia diprediksi akan memiliki nilai sebesar US$130 miliar atau sekitar Rp1,7 kuadriliun.

Dengan pertumbuhan per tahun sebesar 50%, jumlah pengguna smartphone yang besar, dan terus tumbuhnya pemain baru tidak saja dari e-commerce korporasi tapi juga dari social commerce, ekosistem pun dituntut untuk berinovasi baik dari segi teknologi bagi penjual,  kemudahan dan kemanan belanja bagi pembeli, metode pembayaran, hingga logistik.

Untuk menjawab tantangan kebutuhan akan digitalisasi teknologi logistik yang andal dan terpercaya mulai dari warehouse, packaging hingga strategi last mile delivery yang andal dan real time, Iruna hadir sebagai perusahaan e-Logistics pertama di Indonesia yang memberikan semua solusi tersebut.

foto 1 iruna eLogisticsCEO dan Founder Iruna eLogistics Yan Hendry Jauwena mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir ini industri e-commerce Indonesia bertumbuh dengan pesat.

Iruna sangat bersemangat untuk membawa pelakunya terutama UKM menjangkau pasar lokal maupun global melalui industri  e-commerce yang di integrasikan dengan solusi e-logistics.

Lebih lanjut Yan Hendry menjelaskan, Iruna memberikan solusi layanan logistic berbasis digital yang terintegrasi dengan situs dagang milik pelaku usaha, dilengkapi dengan aplikasi panel mangement inventory ke fulfillment center yang dapat diakses secara real time dan online.

 Bukan hanya itu, Iruna juga memberikan beragam solusi logistic mulai dari pengelolaan fulfilment seperti proses inbound dan outbound barang serta return management, proses pengiriman hingga integrasi dengan market place dan toko online.

 “Cukup 1 kali daftar di sistem, penjual dapat langsung terdaftar ke semua toko online yang di pilih. Pelayanan yang akan didapat di antaranya pengambilan dan pengemasan barang, foto produk, dan pemasaran di marketplace yang menjadi mitra,” terang Yan Hendry.

 Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, selain fulfillment center Jakarta, Iruna juga  akan membangun 8 fulfillment center lagi di Surabaya dan Yogyakarta, Medan dan Palembang, Manado dan Makasar, Balikpapan atau Pontianak, dan Ambon.

 Selain bermitra dengan pemain lokal dalam bidang transportasi dan gerai ritel, dalam memberikan layanan yang cepat dan tepat, Iruna telah bekerja sama dengan dengan Indosat Ooredoo.

 Dalam kerja sama tersebut, Iruna dapat menggunakan ribuan outlet, gerai dan gallery Indosat sebagai touch point pengantaran dan pengambilan barang. Sekitar 3000 lokasi siap siap digunakan hingga pertengahan tahun dan mencapai 10,000 lokasi pada akhir tahun.

 “Semoga kerja sama ini dapat memberikan dampak positif  yang menjangkau khalayak luas khususnya bagi perkembangan bisnis UKM dan pengusaha e-commerce di Indonesia,“ tutup Yan Hendry.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top