Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

ITB Segera Bangun Kampus dan Pusat Penelitian Baru di Bekasi

Institute Teknologi Bandung (ITB) akan segera memiliki kampus dan pusat penelitian baru di kawasan Vasanta Innopark, Bekasi.

Kampus dan pusat penelitian baru ITB tersebut merupakan perwujudan kerja sama ITB dengan pemerintah Bekasi untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan serta implikasi lainnya yang secara sistematis akan dikembangkan sejalan dengan kehadiran ITB di Bekasi.

“ITB Technopark berlokasi tepat di exit Toll Cibitung KM 24 ruas Toll Jakarta-Cikampek,” kata Reggy Widjaya, Presiden Direktur PT Sirius Surya Sentosa saat  signing ceremony antara ITB dan Vasanta Innopark beberapa waktu lalu.

Latar belakang pengembangan ITB Technopark di wilayah Bekasi berdasarkan fakta bahwa ekosistem pendidikan wilayah Bekasi dan sekitarnya dapat dikatakan relatif belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan terdapat sejumlah industri strategis yang dapat mendorong berkembangnya berbagai industri berbasis teknologi, namun masih terkendala oleh kurangnya tenaga teknik.

Ke depannya, program ITB Technopark Bekasi tidak hanya melibatkan ITB sebagai aktor akademisi, akan tetapi melibatkan perguruan tinggi berstandar internasional seperti universitas dari Jepang dan perguruan tinggi lainnya yang terdapat di Bekasi dan sekitarnya.

Perencanaan ini diperkirakan membutuhkan luasan total area 12.000m2 yang diperuntukkan tidak hanya untuk kampus namun menjadi pusat penelitian dan terdiri dari 10 lantai dan 2 basement yang di dalamnya akan dipenuhi 7.500-10.000 orang.

Gedung ITB Technopark Bekasi diperuntukkan bagi pusat penelitian unggulan dan program studi S2, S3 Vokasi (Terapan). Pusat penelitian unggulan yang akan dikembangkan di antaranya Nanotechnology and Advance Science, Automotive and Tranpormation Industry, Bio-Energy and Environment Management.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top