Portal Lengkap Dunia Marketing

                                                                                                               
Lifestyle

Jadi Komunitas Terbesar dan Berpengaruh di Dunia Maya

Bagi netizen, istilah meme (dibaca mim) pasti sudah tidak asing lagi. Kumpulan gambar yang dibubuhi tulisan-tulisan atau dikombinasikan dengan gambar-gambar lain tersebut bertujuan menghibur atau joke.

meme comic indonesia

Fenomena meme di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010 di media sosial, terutama di kalangan anak muda tertentu dan sebagai gurauan internal. Semenjak pilpres tahun 2014 lalu, meme meledak di media-media mainstream dan terus berkembang menjadi media interaktif baru yang menjembatani kebutuhan masyarakat untuk mengekspresikan diri di luar jalur konvensional.

Perkembangan meme di Tanah Air memang tak lepas dari andil komunitas Meme Comic Indonesia (MCI) yang berdiri sejak tahun 2012 dengan basis di jejaring sosial paling populer di Indonesia, Facebook. Saat ini MCI menjadi tempat main komunitas meme terbesar dengan jumlah anggota lebih dari 4 juta orang, yang terdiri dari berbagai macam kalangan dan tersebar merata di seluruh Indonesia.

CEO Meme Comic Indonesia Andre Prodjo, mengatakan tujuan awal komunitas ini hanya ingin menghibur dan menjadi rumah kreasi para anggota yang gemar membuat meme. Tujuan akhir adalah menjadi komunitas anak muda terbesar yang punya pengaruh dan otoritas di dunia maya (dumay). 

Komunitas guyon ini pertama kali dibuat oleh seseorang yang berinisial Mr “P” yang kemudian menjadi sangat terkenal dengan nama panggung “Admin P”. Dalam tiga bulan pertama saat didirikan, anggotanya langsung mencapai jumlah nyaris 100.000 dan terus meningkat hingga 2,7 juta per Juni 2016.

“Anggota MCI tersebar merata tak hanya di kota-kota besar, tapi mencakup berbagai kota kecil. Sebagai gambaran di Aceh, MCI mempunyai anggota kira-kira 5.000 orang dan di Jakarta sekitar 300.000 orang,”  sebut Andre. 

Seiring bertambahnya anggota dan kebutuhan untuk menjadi organisasi yang lebih tertata baik secara pengaturan konten, PR, sales/marketing, dan sebagainya, MCI membutuhkan mitra tepat untuk menuju visi yang telah ditentukan bersama. Pensil Media berhasil memanfaatkan kekuatan komunitas MCI untuk melaju ke arah yang lebih sesuai visi ke depan.

Keuntungan bagi mereka yang bergabung di komunitas MCI, selain mendapat wadah penyaluran kreativitas dan penyaluran suara atau pendapat, juga mendapat rasa nyaman dengan kebersamaan bergabung di grup “main” yang sangat aktif. Sementara anggota yang aktif juga sering “diangkat” dengan penyertaan nama, jika kontennya ditayangkan oleh admin.

Saat ini MCI memiliki kurang lebih 2,7 juta anggota di Facebook, 100.000 lebih di Twitter, dan 11.000 di Instagram. Website MCI pun menjaring cukup banyak pengunjung, kira-kira 1 juta per bulannya. Anggota yang bergabung biasanya tertarik dengan konten yang disediakan oleh MCI—seharinya bisa mencapai puluhan konten unik, beserta keakraban antar anggota yang saling mencela dan bergurau di kolom komentar.

Soal target pengembangan komunitas MCI di masa mendatang, Andre mengatakan pengembangan harus sejalan dengan visi komunitas menjadi wadah anak muda terbesar yang berpengaruh. Guna mencapainya, aset digital akan terus dikembangkan, dan aset nondigital akan terus diujicobakan, beserta pengembangan berbagai konten baru yang diharapkan bisa terus meningkatkan engagement di komunitas MCI.

 Moh. Agus Mahribi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top