Latest News

Jurus Jitu Memanfaatkan Informasi Pelanggan

www.marketing.co.id – Salah satu kunci kemajuan suatu perusahaan atau bisnis adalah kemampuan memanfaatkan informasi dari pelanggan. Jika dimanfaatkan secara maksimal Informasi ini dapat memberikan banyak keuntungan. Misalnya saja, menghemat biaya, memberikan layanan khusus bagi para pelanggan, serta mendorong penjualan.

Amazon.com adalah salah satu perusahaan yang sukses melakukan hal tersebut. Amazon.com adalah peritel online yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahaan ini telah memberikan definisi baru cara menjual buku. Kultur perusahaan tersebut mengapresiasi potensi teknologi, yang tercermin dari penggunaan informasi dalam empat langkah utama, yaitu:

1. Meminimalkan risiko

Hal ini dilakukan dengan menganalisa informasi dari jutaan pelanggan untuk mempelajari bagaimana dan kapan mereka melakukan pembelian. Dengan demikian Amazon.com dapat mengurangi risiko bisnis.

2. Mengurangi biaya

Amazon memanfaatkan teknologi untuk menekan biaya. Caranya dengan mengontrol pengelolaan inventaris dan pemasoknya.

3. Memberikan nilai tambah serta melayani pelanggan

Dengan memberikan ulasan buku serta informasi yang dapat diunduh secara gratis, dan menjadikan lamannya sebagai etalase toko pribadi bagi setiap pelanggan. Misalnya dengan menyesuaikan daftar judul buku yang direkomendasikan yang mungkin diminati si pelanggan berdasarkan pembelian sebelumnya.

4. Melakukan inovasi

Guna menandingi para pesaingnya, Amazon.com yakin bahwa mereka harus  melakukan pendekatan inovatif demi meningkatkan nilai dan layanan yang ditawarkan pada pelanggan.

Hal terpenting dari ini semua bukan soal informasi apa yang ada, melainkan bagaimana informasi tersebut digunakan untuk membangun keunggulan kompetitif. Menariknya, kini banyak perusahaan ritel lainnya yang mengikuti jejak Amazon.com.  Misalnya, iTunes  dan iStore Apple yang meritel musik dengan menggunakan prinsip-prinsip serupa.

Bagaimana penerapan informasi pelanggan ini bagi perusahaan atau bisnis Anda:

  • Perlakukan setiap pelanggan sebagai individu. Sebagai contoh peritel musik iTunes menelusuri pembelian yang dilakukan setiap pelanggan dan menyediakan laman khusus yang dirancang untuk menawarkan pembelian kepada pelanggan yang sesuai dengan selera pribadinya.
  • Gunakan internet untuk menyediakan informasi bagi setiap pelanggan, walaupun bisnis Anda tidak menjalankan  kegiatan utamanya secara online. Dengan mengumpulkan surel pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang bernilai tinggi.
  • Perusahaan yang lebih kecil dan pekerja lepas mungkin dapat melakukan penelitian lebih dalam lagi terhadap informasi dari setiap pelanggan. Informasi tersebut dapat dimasukan dalam database yang mudah diakses  dengan sub judul untuk setiap pelanggan yang mencakup semua arena informasi yang relevan.
  • Jika bisnis Anda tidak dapat secara konsisten melacak tren perilaku pelanggan, berikan insentif seperti  produk gratis kepada pelanggan yang sukarela memberikan informasi. Sebaliknya, Anda pun harus memberikan penghargaan kepada pelanggan yang bersedia menerima informasi dari bisnis Anda. Teknik pemasaran ini sebaiknya menghibur, bersemangat, tepat, dan relevan.

“Bagaimana dengan bisnis Anda? Sudahkah mengoptimalkan potensi ini bagi kemajuan perusahaan Anda?”

About Hernawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


2 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top