Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Karakter Enterpeneur Sukses versi Anita Roddick

Karakter Enterpeneur Sukses versi Anita Roddick

Anita Roddick, founder The Body Shop

Menjadi entrepreneur bukanlah masalah sulit, memiliki sifat entrepreneur lah hal yang paling sulit. Untuk menjadi pebisnis, Anda bisa minta dana dari orang tua atau membantu orang lain dalam menjual barang. Walau demikian, jika tidak ditunjang dengan sifat entrepreneur sejati, maka bisnis Anda tidak akan bertahan lama.

Banyak orang yang mencoba untuk berbisnis, tapi kemudian gagal dan malah bangkrut. Alasannya, ia tidak memiliki sifat entrepreneur yang cukup dalam dirinya.

Berikut adalah tiga sifat yang wajib dimiliki oleh para pengusaha menurut Anita Roddick.

1. Menghargai jerih payah sendiri dan tak bisa diam

Menurut Roddick, seorang pebisnis harus memiliki jiwa petualang, Anda harus memahami lingkungan dan keadaan yang kerap berubah-ubah, baik dalam kehidupan modern maupun dunia bisnis. Hal itu bisa didapat dari sifat tak bisa diam

“Jiwa petualang akan menantang mereka untuk mengungkap kebenaran sejati,” ungkap Roddick.

Sementara sikap menghargai karya sendiri, akan membuat Anda selalu bersyukur serta mampu melihat kelebihan diri tanpa terbebani oleh kekurangan yang dimiliki.

2. Memiliki sikap hormat

Memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat adalah langkah paling ampuh dalam menghindari diri dari bahaya. Di lain pihak, sikap hormat juga patut dimiliki untuk menunjukkan layanan pelanggan yang baik.

“Ketika berjalan-jalan melewati ‘Jalur Hitam’, Missisipi, saya bertemu dengan Jacob yang sangat lembut dan begitu serius mendengarkan cerita orang lain. Jacob menunjukkan kepada saya bahwa tak ada kekuatan yang lebih dahsyat selain menunjukkan sikap hormat kepada orang lain,” papar Roddick.

Jika diterapkan dalam bisnis, sikap seperti itu akan membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan. Dengarkan semua masukan, lakukan perbaikan, dan jaga komunikasi dengan pelanggan, jika hal itu dilakukan dengan baik, maka merek Anda tidak akan ditinggalkan.

Ada sebuah prinsip yang mengatakan, hormati orang lain, jika Anda ingin dihormati.

3. Peka terhadap permasalahan dan isu

Apple bisa meroket berkat kepekaannya menyelesaikan masalah ponsel pintar dengan teknologi layar sentuh. Merek besar seperti Coca-Cola, Fatigon, dan Aqua juga besar berkat kampanye nya yang mengangkat isu-isu sosial. Nah, sifat peka seperti inilah yang perlu dimiliki oleh para pebisnis.

“Kekayaan materi bisa membuat kita menjadi tidak peka terhadap kondisi manusia lain,” tegas Roddick. Jadi saya memutuskan untuk melakukan apapun agar sikap tidak peka itu tidak merasuk ke dalam diri saya,” tambahnya.

Bagaimana Anda bisa menerapkan strategi kampanye yang menarik jika Anda tidak tahu kondisi lingkungan dan isu-isu sosial yang beredar?

Anita Roddick sendiri merupakan pendiri bisnis waralaba The Body Shop yang telah memiliki banyak cabang di berbagai negara seluruh dunia. Menjadi aktivis sekaligus pebisnis, membuat Roddick sukses membesarkan nama mereknya.

 

Sumber: Buku “Business As Unusual” karya Anita Roddick | Foto: Time

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top