Kemeriahan Top Brand for Kids & Teens Award 2016

topbrandMajalah Marketing dan Frontier Consulting Group kembali mengadakan Top Brand Award for Kids & Teens Award (TBFA). Penghargaan Top Brand for Kids & Teens Award dihelat di Hotel Mulia Jakarta pada hari Kamis, 21 April 2016. Penghargaan ini sekitar 200 – 250 orang yang terdiri dari para dealer, distributor, partner dan perwakilan merek pemenang, para jurnalis/wartawan dari berbagai media.

Top Brand for Kids & Teens diberikan oleh Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group sebagai apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil membangun merek untuk pasar anak.Top Brand for Kids & Teens ini merupakan bagian dari Top Brand Award, namun khusus ditargetkan untuk produk anak – anak dan remaja.

Pertumbuhan populasi anak yang cukup tinggi dewasa ini, telah diiringi dengan tumbuh dan berkembangnya produk untuk anak – anak. Bahkan, tingkat pertumbuhan pasar anak sudah mencapai di atas pasar dewasa. Diperkirakan total pasar anak bisa mencapai sekitar 150 – 180 trilliun rupiah.

Anak sebagai konsumen, memiliki 3 fungsi dalam pasar, yaitu :

  • Primary Market, sebab anak membuat keputusan dan melakukan pembelian langsung sendiri dari uang saku yang diberikan.
  • Secondary market atau influenser, anak memberikan pengaruh pada orang tua baik langsung maupun tidak langsung dalam melakukan pembelian.
  • Future market, karena mereka akan menjadi pelanggan berbagai produk dimasa depan.

Tahun 2016 merupakan tahun ke delapan diselenggarakan survey top brand kids & teens. Survey ini melibatkan 2.500 responden di 5 kota besar yakni ( Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan ). Survei Top Brand Kids & Teens ditargetkan mulai dari produk – produk balita, anak – anak, dan remaja. Hampir semua produk mulai dari makanan dan minuman, perlengkapan sekolah, media cetak, telekomunikasi, hingga media cetak telah diikutkan dalam survey. Kategori yang disurvey mencapai lebih dari 150 kategori dengan menyertakan lebih dari 250 merek top.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Pengumpulan data di lapangan dilakukan pada bulan Februari – Maret 2016, dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Analytical framework dari Top Brand for Kids & Teens diadopsi dari konsep Top Brand, yaitu merek yang ‘top’ diukur dari tiga komponen :

  • Top of mind awareness (berdasarkan atas merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika kategori produk disebutkan)
  • Last used (berdasarkan atas merek yang terakhir kali digunakan/dikonsumsi oleh responden dalam 1 re-puchase cycle)
  • Future intention (berdasarkan atas merek yang ingin digunakan/dikonsumsi di masa mendatang)

Pada Top Brand Kids & Teens , ketiga komponen tersebut masing – masing diukur di panel anak dan ibu. Merek – merek yang memperoleh Top brand For Kids & Teens index lebih dari 10% dan meraih posisi tiga teratas di masing – masing kategori produknya berhak menyandang predikat Top Brand for Kids & Teens dan akan mendapat kan penghargaan Top Brand for Kids & Teens Awards.

Tujuan dari Top Brand for Kids & Teens Award adalah sebagai sarana benchmarking dari merek – merek produk anak untuk mengukur performance merek di mata masyarakat. Bagi masyarakat, adanya logo Top Brand di kemasan menjadi sebagai sarana preferensi untuk memilih merek – merek produk anak terbaik bagi mereka, dan bagi Negara Indonesia event ini member kontribusi dalam menciptakan daya saing perusahaan – perusahaan di Indonesia dalam hal merek.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.