Portal Lengkap Dunia Marketing

                                                                                                               
Artikel Riset

Kompas Dominan, Lainnya Terus Menempel

Di tengah derasnya persaingan industri media cetak, muncul pula pertanyaan tentang efektivitas masing-masing media ketika menancapkan mereknya ke benak pelanggan. Terbitnya berbagai media baru telah menciptakan kapling tersendiri bagi masing-masing media cetak. Masing-masing memiliki pasarnya sendiri, meski ada yang masih bingung dengan strategi positioning-nya.

Seperti yang didapat dari hasil riset SurveyOne (Juni 2004) bahwa Kompas masih mendominasi beberapa kategori Top of Mind (TOM) untuk merek koran nasional. Riset yang dilakukan pada 2.000 responden tersebut dilaksanakan di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Dalam riset ini, tercatat sebanyak 40,6% responden asal Jakarta memilih Kompas sebagai merek surat kabar yang paling mereka ingat. Angka ini ternyata tidak terpaut jauh dengan Pos Kota yang mampu meraih TOM sebesar 40,4%.

Berbeda dengan Jakarta, di lima kota lainnya dominasi Kompas tidak begitu terasa. Nilai TOM terbesar justru dimiliki oleh beberapa koran lain yang tidak begitu dikenal di Jakarta. Misalnya Harian Pikiran Rakyat (74,6%) di Bandung, Harian Suara Merdeka (65,9%) di Semarang, Harian Jawa Pos (60,3%) di Surabaya, Harian Pos Metro (25,6%) dan Harian Waspada (27,2%) di Medan, serta Harian Fajar (74,6%) di Makassar.

Jika dilihat dari segmen demografis secara usia, ada satu temuan yang cukup menarik. Pos Kota, sebagai salah satu surat kabar ibukota ternyata paling banyak dibaca oleh mereka yang berusia 40-55 tahun (17,4%), meski Kompas hanya terpaut satu digit di bawahnya (14,9%). Temuan ini sama menariknya jika dilihat dari sisi jenis kelamin, di mana wanita ternyata memiliki TOM Harian Pos Kota yang lebih tinggi (13,9%) daripada pria (11,7%). Selain itu, mereka yang berusia 25-34 dan 35-44, ternyata memiliki TOM yang lebih kurang sama yakni 18,1% dan 18% untuk Kompas.

Terakhir, bila diperhatikan dari segi SES, tampak bahwa Kompas memiliki TOM yang paling tinggi untuk golongan A+ (29,8%). Nilai ini tampak diikuti oleh dua merek koran lain yang cukup dikenal di daerahnya, yaitu Jawa Pos (16,7%) dan Pikiran Rakyat (11,9%). Sedangkan untuk mereka yang memiliki SES D, Harian Pos Kota ternyata paling mendominasi dengan angka 16,6%; diikuti oleh Harian Pikiran Rakyat (14,5%); Harian Jawa Pos (12%); Harian Kompas (11,4%); dan Harian Suara Merdeka (10,2%).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top