Latest News

Konsep Marketing Efektif yang Disukai Pelanggan

Marketing.co.id- Dalam konsep marketing atau pemasaran bisa disebut sebagai falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan  hidup bisnis tersebut.

Dengan melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sangat pesat. Maka tidak salah persaingan di dunia usaha semakin sengit. Kondisi inilah yang sekarang ini memaksa sebagian besar pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan strategi pemasaran bisnisnya.

Selalu kita pahami tanpa strategi pemasaran yang unik, bisa dipastikan bila bisnis yang mereka jalankan akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar. Oleh karena itu, dalam mengembangkan sebuah usaha, diperlukan konsep marketing efektif yang disukai pelanggan.

Berikut adalah beberapa konsep marketing efektif yang bisa Anda jalankan untuk merangkul calon konsumen dari bisnis ukm.

1. Bangun komunikasi pemasaran yang efektif

Komunikasi merupakan salah satu kunci utama dalam dunia pemasaran. Segala macam produk maupun jasa dapat diterima pasar apabila kita menginformasikannya dengan komunikasi yang baik dan menarik. Faktor inilah yang membuat komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan minat dan meyakinkan konsumen agar segera mengambil keputusan dan mencari informasi lebih lanjut tentang produk serta jasa yang Anda tawarkan.

2. Dengarkan konsumen dan pahami kebutuhan mereka

Sebagian besar konsumen akan merasa senang apabila mereka diperhatikan dengan baik oleh para pelaku usaha. Karenanya, sebisa mungkin dengarkan keinginan maupun keluhan yang mereka sampaikan dan pahami kebutuhan yang mereka cari. Dengan menciptakan kebutuhan yang mereka cari, tidak menutup kemungkinan bila konsumen Anda akan semakin loyal dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan.

3. Butuh testimoni atau pengakuan langsung dari para pelanggan

Terkadang calon konsumen lebih mudah percaya terhadap suatu produk maupun jasa yang direkomendasikan langsung oleh kerabat maupun teman dekat yang ada di sekitar mereka. Pengakuan dari para pelanggan yang sudah mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa Anda, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga tidak heran bila mereka semakin yakin untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

4. Berusaha mengikuti perkembangan teknologi

Sekarang ini tidak hanya pemasaran tradisional yang disukai para konsumen. Bahkan bisa dikatakan konsumen sudah mulai bosan dengan strategi pemasaran jadul (jaman dulu) yang sering dijalankan para sales produk, sehingga sebagai pelaku pasar Anda harus pintar-pintar mengikuti perkembangan teknologi yang belakangan ini marak digunakan masyarakat. Misalnya saja seperti mengandalkan media online (website) untuk mempromosikan produk, menggunakan situs jejaring sosial (facebook atau twitter) untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta masih banyak lagi marketing trends lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan.

 

About Hernawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


nine + = 15

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top