Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Konsisten pada Kualitas Produk

Vivan menjadi salah satu merek powerbank yang banyak diburu konsumen karena mampu menciptakan produk inovatif dan berkualitas yang memberikan nilai tambah serta kepuasan kepada konsumen.

Vivan

Saat ini telah banyak smartphone dipersenjatai baterai berkapasitas besar hingga menu pengisian cepat. Namun begitu, keberadaan perangkat penyimpan daya (powerbank) masih banyak dibutuhkan pengguna smartphone sebagai penyelamat di tengah kondisi baterai habis.

Xu Long Hua, CEO PT Vivan Teletama, mengemukakan powerbank masih menjadi salah satu aksesori smartphone yang paling laris. Di pasaran, mencari penyimpan daya portabel ini masih sangat mudah, beragam merek dengan kapasitas dijual bebas. Namun, produk buatan dari merek ternama tetap menjadi pilihan utama konsumen.

“Tingkat persaingan powerbank saat ini masih cukup ketat. Berdasarkan survei internal kami, masih ada sekitar 5-6 merek yang masih menggarap pasar ini. Powerbank buatan Vivan bisa dikatakan menjadi yang paling diminati konsumen,” kata Xu.

Sukses menjadi merek powerbank buruan utama konsumen, sejatinya tidak terlepas dari strategi inovasi Vivan yang senantiasa menghadirkan produk-produk inovatif yang memberikan nilai lebih bagi konsumen. Misalnya, powerbank yang juga berfungsi sebagai jumper aki motor maupun mobil.

Produk inovatif lain yang dihadirkan Vivan adalah powerbank berteknologi Quick Charge 3.0 Qualcomm, yang memungkinkan gawai hanya perlu waktu 30 menit untuk sampai pengisian 80%. Di samping powerbank, Vivan juga terus berinovasi ke lini produk lain seperti kabel, tongsis (selfie stick), speaker, earphone, car holder, smart balance wheel, memory card, dan action camera.

Xu mengatakan, Vivan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk maupun pengembangan teknologi dan variannya. Selain itu juga memberikan pelayanan prima kepada konsumen serta mitra bisnis melalui penyediaan layanan purnajual yang mudah diakses dan memberikan garansi resmi yang bisa mencapai 12 bulan, dengan penggantian baru jika barang rusak.

Produk berkualitas serta pelayanan prima akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen, menciptakan kepuasan sehingga meningkatkan kepercayaan mereka untuk mengonsumsi produk dan menjadi loyal. “Konsumen yang puas akan merekomendasikan merek kami kepada sanak-saudaranya sehingga tercipta word of mouth,” jelasnya.

Selain inovasi berkelanjutan, Vivan juga melakukan beragam kegiatan komunikasi pemasaran dalam rangka proses membangun dan membesarkan merek. Untuk membangun merek, upaya yang dilakukan adalah memperbanyak wilayah pemasaran dengan menggandeng mitra usaha di berbagai kota untuk meningkatkan aktivitas branding sehingga jauh lebih dikenal oleh masyarakat.

vivan

Xu menyebutkan Vivan memiliki jangkauan pemasaran yang luas menggapai hampir seluruh Indonesia, dengan fokus utama di Pulau Jawa dan Sumatera lantaran pangsa pasarnya cukup besar. “Sekarang kami masih menggarap sebatas pasar tradisional, karena peluangnya masih besar dan belum tergarap semua,” bebernya.

Strategi memperkuat merek dilakukan hampir di seluruh saluran pemasaran, termasuk toko mitra dengan memberi dukungan berupa etalase pajangan, neonsign, neonbox, dan media promosi lainnya, sehingga produk tertata rapi dan lebih memudahkan konsumen memilih produk yang dibutuhkan.

Perkembangan dunia digital juga membuat Vivan melakukan branding dengan memanfaatkan berbagai platform digital, seperti media publishing, social media ads (Facebook, Twitter, dan Instagram), GDN & Google ads, SEO, Youtube Ads, serta menjalin kerja sama dengan berbagai endorser/buzzer dan forum yang sesuai dengan produk Vivan.

Semua aktivitas dilakukan terintegrasi satu sama lain untuk membentuk circle conversation yang terarah. Konten yang disajikan pun disesuaikan dangan habit dari tiap-tiap platform. “Media digital digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Aktivasi yang dilakukan pun beragam, seperti kuis, ulasan produk, live event, dan masih banyak,” sebut Xu.

Di sisi lain juga dilakukan interaksi lewat media sosial dengan konsumen dan mitra usaha di lapangan. Dengan begitu keluhan atau saran yang masuk bisa digunakan untuk perbaikan produk dan pelayanan agar Vivan dapat menghadirkan produk yang berkualitas namun masih terjangkau kepada konsumen.

Menurut Xu, yang tak kalah penting dalam membangun merek Vivan supaya menjadi merek top yaitu komitmen tinggi dari tim pemasar, baik komitmen pada diri sendiri, pada perusahaan, maupun pada pelanggan. Sebab komitmen pada perusahaan akan membawa pada loyalitas dan integritas kerja, sedangkan komitmen pada pelanggan akan menumbuhkan dan membangun kepercayaan calon pembeli.

“Dalam membangun tim pemasar yang solid dan andal perlu menyamakan visi dan misi antara perusahaan dan tim pemasar. Sebaliknya, perusahaan juga memberikan jaminan kehidupan yang layak terhadap karyawan dan memberikan keuntungan kepada mitra usaha,” pungkas Xu.

 

Moh. Agus Mahribi

 

MM.07.2017/W

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top