Artikel Riset

Beberapa Faktor dan Alasan Konsumen Memilih Produk

Misteri-Dibalik-Kartu-RemiApakah merek terkenal bisa menjadi jaminan dan alasan konsumen memilih produk? Dari hasil survei yang dilakukan oleh SurveyOne ternyata kualitas produk adalah faktor yang paling dianggap penting oleh sebagian besar konsumen. Hasil survei ini dilakukan di dua kota yakni Jakarta dan Surabaya. Untuk kedua kota tersebut, kebutuhan menjadi alasan penting kedua dalam alasan konsumen memilih produk atau merek.

Hasil yang penting pula dari survei tersebut adalah 84.5% responden ternyata berpendapat bahwa kemudahan dalam mendapatkan sebuah produk menjadi alasan yang cukup penting dalam memilih merek. Hal ini semakin menunjukkan pula bahwa kekuatan distribusi menjadi salah satu kekuatan yang semakin penting dalam strategi pemasaran. Promosi besar-besaran yang dilakukan oleh sebuah merek tidak akan cukup menjadi alasan bagi konsumen untuk membeli apabila tidak didukung oleh ketersediaan produk di pasar.

Yang menarik, merek luar negeri menjadi faktor yang paling tidak penting, relatif dibandingkan dengan lima faktor lain. Hal ini sebenarnya menjadi indikasi bahwa produk dalam negeri sebenarnya bisa laku dijual di dalam negeri, asalkan tentunya, memiliki kualitas yang tinggi.

1 Comment

1 Comment

  1. chris

    January 8, 2013 at 10:21

    setuju, produk dalam negeri asal kualitas tinggi.

    biar produk luar negeri tapi kualitas rendah juga orang ga mo beli.

    skrg konsumen semakin cerdas. ga melulu merk, tapi material di balik merk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top