Konten Jadi Daya Tarik

Keberhasilan Malesbanget.com menjadi referensi bacaan anak muda karena situs online ini mampu menjaga konsistensi konten yang menarik dan terbaru, termasuk konsisten dalam penyajian/penulisan yang unik. 

malesbanget

Melirik pasar anak muda memang menjanjikan keuntungan besar. Pasalnya, anak muda merupakan usia produktif, suka akan hal baru dan kreatif, sekaligus salah satu pasar konsumtif. Agar dapat diterima kalangan muda, pelaku usaha harus memiliki beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Yang utama adalah harga yang terjangkau dan konsep usaha yang unik.

Konsep unik ini pula yang diusung situs humor, hiburan, dan kanal video, Malesbanget.com (MBDC). Situs ini sangat berbeda dari media online pada umumnya, lantaran artikel, foto, dan video dibuat agar terlihat sangat tidak serius, meski kerap menjawab rasa penasaran orang.

Seperti diceritakan COO PT MBDC Media Aryo Sayogha, perjalanan Malesbanget.com dimulai dari sebuah proyek dirinya dan kedua temannya, Arianji dan Christian Sugiono, yang sedang menuntut ilmu di Technische Universität Harburg, Jerman, pada tahun 2001. Mereka bertemu di sebuah chat room IRC untuk saling berbagi cerita unik dan humor-humor.

Dari aktivitas chat tersebut timbul ide untuk membuat sebuah website humor yang dapat menghibur banyak orang, terutama bagi para mahasiswa di luar negeri yang rindu akan humor Indonesia. “Berangkat dari ide itulah lahir MBDC pada tahun 2002. Harapannya dengan memanfaatkan kekuatan internet dapat menyimpan dan membagikan sudut pandang dan pikiran kepada khalayak luas di seluruh dunia,” kata Aryo.

Dalam perjalanan, MBDC 1.0 sempat vakum pada tahun 2006 karena kekurangan konten. Apalagi pada saat itu dunia internet Indonesia belum bisa menerima kehadiran situs humor. Setelah melakukan banyak introspeksi diri dan penelitian selama masa vakum, MBDC kembali dengan tampilan baru.

Lima tahun kemudian, atau tepatnya di bulan April 2011, Malesbanget.com bangkit kembali bersamaan dengan diresmikannya MBDC Media, perusahaan media online untuk memperkuat fondasi dan memayungi Malesbanget.com, Subtube, dan proyek-proyek lainnya di masa mendatang.

“MBDC Media fokus menghasilkan konten-konten kreatif digital yang original, penerbitan konten, dan produksi video. Tak hanya itu, MBDC Media juga merupakan sebuah perusahaan dengan jaringan multi-kanal YouTube yang memiliki sertifikasi resmi dari YouTube,” jelas Aryo.

MBCD Media memiliki mimpi besar sebagai audience leader untuk audiens Indonesia, khususnya audiens usia 19−31 tahun dalam industri media viral. Selain itu juga menjadikan Malesbanget.com sebagai media viral dan kanal video nomor satu di Indonesia, sekaligus menjadi produsen dan penerbit konten digital dengan kualitas terbaik.

Didominasi Kalangan Muda

Pada dasarnya konten situs MBDC terbagi menjadi beberapa, yaitu artikel, video, dan micro content yang berdiri sendiri di media sosial. Hingga saat ini konten yang paling banyak diakses berhubungan dengan tips dan trik serta hal-hal unik tentang keseharian yang erat dengan para audiens.malesbanget

“Supaya target market tertarik dan mendatangkan trafik, MBCD menciptakan konten yang sedang trending di kalangan audiens maupun isu-isu yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Namun, dibahas dengan sudut pandang berbeda menggunakan gaya penulisan ala MBDC yang lucu dan menyentil,” ujar Aryo.

Konten-konten tersebut kemudian dikomunikasikan secara online maupun offline. Upaya yang dilakukan di ranah online yakni memperkuat keberadaan dan mempermudah akses ke MBDC menggunakan semua media sosial yang ada seperti Twitter, Facebook, dan Instagram, baik sebagai platform promosi konten maupun engagement dengan audiens.

“Kami membuat konten khusus dan menarik pada setiap media sosial tersebut sesuai dengan behavior audiens mereka. Kemudian bekerja sama dengan media digital lainnya dalam mendistribusikan konten untuk memperluas cakupan audiens,” tambah Aryo.

Sementara di ranah offline, komunikasi pemasaran bekerja sama dengan event-event yang sasarannya sesuai dengan target market MBDC, baik sebagai pengisi acara maupun media partner. Kegiatan lainnya yaitu mengundang audiens berkunjung ke kantor MBDC Media, nonton bareng film atau konser dengan audiens, termasuk mengadakan kunjungan ke kampus atau sekolah-sekolah untuk mengisi class sharing.

Strategi komunikasi yang diterapkan MBDC Media terbilang cukup sukses. Ini terlihat dari performa situs Malesbanget.com yang telah memiliki 2,3 juta pengunjung unik dan 11 juta page view tiap bulannya. Di media sosial, akun Twitter MBDC memiliki sekitar 705 ribu follower dan akun Facebook dengan 205 ribu likes.

Yang menarik, pemirsa channel YouTube Malesbanget.com mencapai angka 5 juta monthly views dengan jumlah subscriber kurang lebih 497 ribu orang. “Pengunjung situs MBDC 57% laki-laki dan 43% perempuan, didominasi usia 18−34 tahun sebesar 85% yang berasal dari Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia,” ungkap Aryo.

Soal profit, Aryo membeberkan, MBDC memperoleh pendapatan (revenue) melalui kerja sama dengan pihak ketiga dalam bentuk advertising. Sebagai media yang memiliki banyak audiens, MBDC dapat membantu perusahaan ataupun merek untuk menyampaikan pesan pemasarannya dalam berbagai bentuk konten, seperti artikel, video, kampanye pemasaran, dan media sosial.

Moh. Agus Mahribi

MM.04.2017/W

“Pengunjung situs MBDC 57% laki-laki dan 43% perempuan, didominasi usia 18−34 tahun sebesar 85% yang berasal dari Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.