Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Kunci Sukses Wawancara Kerja di Industri Perhotelan

Industri perhotelan global adalah industri yang bernilai miliaran dolar, yang mencakup hotel, tempat wisata, restoran, taman hiburan, resort, spa, penyediaan transportasi, dan lain sebagainya. The Global Hotel Industri & Trends for 2016 menyebutkan, pendapatan industri perhotelan global diperkirakan mencapai $550 miliar pada tahun 2016, dari $457 miliar pada tahun 2011. Apakah Anda Cocok Berkarier di Industri Perhotelan

 Apakah Anda tertarik bekerja di bidang perhotelan? Untuk membantu Anda sukses wawancara kerja di bidang perhotelan, dalam artikel ini kami menyiapkan trik dan tipsnya. Di mana kami menyoroti beberapa pertanyaan wawancara di industri yang spesifik, lengkap dengan ulasan mengenai maksud sebenarnya dari pertanyaan tersebut dan cara terbaik untuk menjawabnya.

 1. Apa yang paling Anda senangi dengan bekerja di bidang perhotelan?

Maksud dari pertanyaan ini, si pewawancara ingin tahu profesi apa yang memotivasi dan tetap membuat Anda terinspirasi. Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan berdasarkan pengalaman pribadi Anda sendiri.

Bicarakan mengenai aspek dari dunia perhotelan yang menurut Anda menarik, misalnya tantangan sehari-hari dalam melayani pelanggan, interaksi sosial, penghargaan vs tantangan, dan lain sebagainya. Jadikan hal tersebut personal dan spesifik- hal ini dapat menunjukkan semangan dan keaslian dari diri Anda sendiri.

2. Menurut pendapat Anda, kualitas apa yang harus dimiliki seseorang agar dapat sukses dalam dunia perhotelan?

Pertanyaan ini merupakan cara halus si pewawancara untuk membaca kepribadian dan nilai diri Anda. Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan mengenali beberapa cirri dari dunia perhotelan dan bagikan pemikiran Anda mengapa Anda menganggap hal tersebut penting. Anda juga bisa mengambil contoh dari pekerjaan sebelumnya yang menggambarkan kualitas ini dengan baik, yang langkahnya Anda ikuti sampai sekarang.

3. Seberapa pentingkah layanan pelanggan menurut Anda?

Tak perlu diragukan lagi bahwa layanan pelanggan mungkin merupakan faktor kunci dalam membangun kepuasan dan loyalitas suatu merek  dalam industri perhotelan. Pertanyaan ini memungkinkan pewawancara untuk mengukur sikap Anda terhadap layanan pelanggan dan kemampuan Anda dalam hal tersebut.

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan mengakui bahwa layanan pelanggan bisa menakutkan- biar bagaimanapun juga manusia adalah makhluk kompleks dan sering kali sulit untuk merasa senang. Ini menunjukkan sisi asli dari kepribadian Anda, daripada menunjukkan antusiasme yang dibuat-buat untuk sebuah tugas yang sulit. Sebagai gantinya, bagikan perspektif Anda mengapa layanan pelanggan yang baik menjadi salah satu instrument yang sangat penting agar bisnis dapat bertumbuh dengan  berkelanjutan.
 
4. Gambarkan dengan jelas saat Anda harus berurusan dengan pelanggan yang marah. Bagaimana cara Anda menenangkan pelanggan tersebut dan mengatasi situasi?

Dari pertanyaan ini si pewawancara ingin mengukur bagaimana cara Anda menghadapi pelanggan yang sedang gelisah dan kemampuan Anda dalam berfikir untuk mengambil langkah yang tepat dalam situasi tertekan. Inilah kesempatan untuk menunjukkan siapa diri Anda dan buatlah diri Anda berkesan. Kata kuncinya adalah berkesan.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan memikirkan contoh spesifik yang secara jelas menunjukkan kemampuan  Anda dalam memahami orang orang di sekitar Anda dan menjadi contoh dalam hal menenangkan pelanggan yang marah. Ajaklah si pewawancara bicara sembari menjelaskan proses Anda mengendalikan situasi dan mencapai situasi yang bersahabat bagi pelanggan. Tunjukkan kemampuan kreatif Anda dalam memecahkan masalah, dan Anda pasti akan membuat kesan yang abadi.
 
5. Pernahkah Anda harus membuat tamu kecewa? Mengapa begitu, dan bagaimana menangani situasi ini?

Ini adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Melalui pertanyaan ini si pewawancara ingin tahu apakah Anda bisa menghadapi tantangan dengan penuh kasih dan dengan profesionalisme yang tinggi.

Inilah situasi dimana pengalaman dapat membuat perbedaan. Jika Anda pernah bekerja di industri perhotelan selama beberapa tahun, sudah tidak diragukan lagi pasti Anda akan sering menemui masalah seperti ini untuk dibagikan kepada si pewawancara. Ambil beberapa contoh yang menggambarkan keragaman dan keluwesan Anda dalam hal pendekatan. Anda ingin menunjukkan kepada si pewawancara bahwa Anda telah memiliki pengalaman yang cukup dalam menghadapi pelanggan.
 
6. Apa tantangan terbesar Anda ketika bekerja di bidang perhotelan, dan bagaimana menghadapinya?

Melalui pertanyaan ini si pewawancara ingin mengidentifikasi kelemahan dan mengevaluasi kinerja Anda di bawah tekanan. Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan mengambil contoh di mana Anda dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan dan langkah-langkah yang dilakukan dalam menanganinya. Jangan takut bicara jujur. Bicarakan tentang  bagian yang paling sering dihadapi, dan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan Anda. Yang penting adalah menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk memperbaiki dan maju terus.
 
7.Apa prestasi paling penting yang pernah Anda raih sampai saat ini?

Melalui pertanyaan ini si pewawancara ingin melihat bagaimana Anda menunjukkan prestasi Anda kepadanya, dan penerapan keterampilan yang Anda miliki. Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan memberikan contoh spesifik yang menunjukkan kekuatan dan keterampilan Anda sebagai karyawan perhotelan yang profesional.

Jika memungkinkan, sebutkan contoh di mana Anda berhasil menciptakan rekor baru dalam bidang layanan pelanggan atau menerapkan proses baru yang  dapat meningkatkan penjualan atau produktivitas tim. Ceritakanlah sedetail mungkin dan sertakan langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi rintangan yang dihadapi sepanjang karir Anda.

Dalam industri perhotelan, ini semua tentang kepribadian dan sikap Anda. Santai dan jadilah diri Anda sendiri. Jangan gugup! (Jobstreetcom)
 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top