Portal Lengkap Dunia Marketing

                                                                                                               
PR Hype

Lambungkan Citra Perusahaan dengan Bulu Tangkis

pemenang-daihatsu-astec-open-2016-berfoto-bersama-manajemen-daihatsu-dan-astec

Istimewa

Beragam upaya dapat dilakukan PR untuk meningkatkan citra positif perusahaan, membangun kesadaran merek. Salah satunya melalui penyediaan dana atau pemberian sponsor (sponsorship) atas penyelenggaraan olahraga prestasi.

Sejatinya keberhasilan sponsorship sangat tergantung pada kesesuaian antara merek dan kegiatannya. Alhasil, PR harus jeli dalam memilih kegiatan olahraga yang akan disponsori agar menjangkau audiens sasaran yang diinginkan dan saling menguntungkan perusahaan dan komunitas olahraga tersebut.

Media sponsorship ini pula yang diimplementasikan Daihatsu dengan menggandeng Astec menggelar turnamen badminton atau bulu tangkis “Daihatsu Astec Open 2016”, yang berlangsung sejak 18 April 2016 di tujuh kota besar di Indonesia, meliputi Medan, Makassar, Surabaya, Solo, Semarang, Palembang, dan Jakarta.

Astec yang kepanjangan dari Alan dan Susi Technology, merupakan organisasi sekaligus merek peralatan bulu tangkis yang didirikan 12 tahun silam oleh Alan Budikusuma dan Susi Susanti, pasangan legendaris peraih emas Olimpiade Barcelona 1992.

Menurut Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, sebagai salah satu pemain otomotif terbesar di Indonesia, Daihatsu berkepentingan untuk memajukan dunia olahraga bulu tangkis, sebagai olahraga populer di Tanah Air. “Kegiatan ini selaras dengan tagline Daihatsu Sahabatku yang ingin menjadikan Daihatsu sebagai sahabat bangsa Indonesia,” kata dia.

Pada turnamen ini, pertandingan di setiap kota dibagi dalam beberapa kelompok, yakni anak-anak, pemula, remaja, taruna, dewasa, dan veteran. Juara kelompok remaja dan taruna diundang secara khusus untuk mengikuti putaran final di Jakarta. Disela-sela penyelenggaraan di setiap kota, panitia juga menggelar coaching clinic untuk para pemain muda.

Babak final Daihatsu Astec Open 2016 digelar pada 9-15 Oktober 2016 dan memperebutkan total hadiah Rp585 juta. “Melalui penyelenggaraan turnamen bulu tangkis ini, Daihatsu ingin mendukung perkembangan bulu tangkis di Indonesia dan melahirkan atlet muda yang mampu berkiprah di ajang bulu tangkis nasional maupun internasional,” ujar Amelia.

Melihat apresiasi masyarakat yang besar, Daihatsu Astec Open akan diadakan kembali kembali pada tahun berikutnya di tujuh kota besar di Indonesia, yakni di Pekanbaru, Lampung, Balikpapan, Makassar, Semarang, Malang, dan Jakarta.

Sponsori Turnamen Internasional

Melambungkan citra perusahaan lewat bulu tangkis tak hanya dilakukan Daihatsu. Blibli.com pun sangat masif memajukan olahraga ini dengan mensponsori Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016. Ini kali kedua Blibli.com mendukung turnamen yang merupakan agenda Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC) itu.

2120153foto-blibli-com-bdminton-asia-u17-u15-jr-chi-2016-780x390

Istimewa

Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016 digelar di GOR Jati, Kudus, 5-9 Oktober. Turnamen ini diikuti oleh 288 atlet dari 14 negara yaitu Indonesia, Jepang, Korea, Thailand, Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia, Singapura, Iran, Tajikistan, Sri Lanka, Hong Kong, dan India.

Senior Marketing Communication Manager Blibli.com Lani Rahayu, mengatakan sebagai mal online asli Indonesia, Blibli.com bangga bisa konsisten mendukung kegiatan olahraga yang sangat melekat di hati masyarakat Indonesia dan telah menorehkan sejumlah prestasi internasional.

“Turnamen bulu tangkis ini diharapkan menjadi jalan bagi para atlet muda Indonesia untuk bersinar pada masa depan. Dari ajang ini mereka mengasah jiwa nasionalisme dengan semangat kegembiraan dan daya juang yang sportif untuk meraih kemenangan,” ujar Lani.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

To Top